PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT LEWAT RESEP PADA APOTIK RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK

dwi cahyono, Kusumaningrum Kusumaningrum

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor individu dan bauran pemasaran terhadap  Keputusan Pembelian pada  Rawat Jalan Farmasi di Rumah Sakit Klinik Jember.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan swasta yang berobat ke spesialis dalam Poli Terpadu di Rumah Sakit Jember Klinik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kombinasi metode accidental sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan 150 responden.  Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien jalur untuk pengaruh faktor individu (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 1.058 dengan CR dari 2.980 dan probabilitas (p) dari 0003, yang berarti bahwa faktor individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 0857 dengan CR dari 2803 dan probabilitas (p) dari 0005, yang berarti bahwa bauran pemasaran secara signifikan mempengaruhi ke keputusan pembelian. Dan, koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) dengan faktor individu (X1) memiliki nilai positif dari 0650 dengan CR dari 3.906 dan probabilitas (p) dari 0002, yang berarti bahwa marketing mix efek signifikan untuk faktor individu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2003, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Aditama (2006), Perkembangan Teknologi, Perkembangan Kuman. Jurnal Tuberkulosis Indonesia

Aditama, (2002), Pelayanan Farmasi dalam Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI Press.

Anief. (2001). Manajemen Farmasi. Gajah Mada University Press.

Assael, Henry. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action, 6th Edition, New York University. Engel, Blackwell & Miniard. 1994.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Azwar,2002, Perilaku dan Cara Pengukurannya. Salemba, Jakarta.

Caruana, Albert. 1998. Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan : 46-48

Charles J.P , Siregar dan Amalia L. 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Terapan.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Djaslim Saladin, Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Penerbit Linda Karya

Engel, J. F., Blackwell, R. D., dan Miniard, P. W. (1995), Perilaku Konsumen, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1, Binarupa Aksara Publisher, Tangerang. Engel, 1994

Ferdinand, Augusty, 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen, edisi 2, Semarang: Fakultas Ekonomi Undip.

Ferdinand, Augusty, 2006, Metode Penelitian Manajemen, Edisi 2, BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. (2002). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: UNDIP

Griffin (1996), Mengukur Kepuasan Pelanggan, Panduan Menciptakan Layanan Bermutu, PPM Jakarta. Hermawan Kertajaya. (2005). Marketing in Venus, PT Gramedia. Pustaka. Jakarta

Joko Subagyo, 1997:87, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran jilid I, edisi ke duabelas, PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. Engelwood Cliffs: Prentice Hall International Inc. A Division of Simoon and Scuster: 64-451.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. New Jersey: The Millennium Edition, Prentice Hall International Edition.

Laksono Trisnantoro. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit, Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Yogyakarta. Andi Offset: 1-359.

Lamb, Hair dan Mc.Daniel, (2001), Pemasaran. Edisi 1. Alih Bahasa Oleh David Octarevia. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Loudon, D. L., Bitta, A. J. D. (1993). Consumer Behavior (4thed.). Singapore: McGraw - Hill Book Company.

Lovelock, C. H., & Gummesson, E. (2004, August). Whither Services Marketing? In Search of a New Paradigm and Fresh Perspectives. Journal of Service Research, 2041.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra. 1996. Marketing Research and Apllied Orientation. Prentice Hall.

Notoatmodjo (2005), Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Notoatmodjo, 2003, Metodologi Penelitian, Rieneka Cipta, Jakarta

Nur dan Bambang (1999), Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, PT BPFE.

Pearce dan Robinson. 1997. Manajemen Strategik, Implementasi dan Pengendalian, Jilid Satu. Binarupa Aksara. Jakarta

Perjanjian Kerja Sama, 2014, Perjanjian Kerja Sama Rumah Sakit Perkebunan dengan Dokter spesialis Tentang Praktek di Poli Terpadu, PT. Nusantara Medika Utama Rumah Sakit Perkebunan.

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behaviour. New Jersey: Pearson Prentice Hall: 1-80

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Solimun, 2002, Pemodelan Persamaan Struktural pendekatan PLS dan SEM, Fakultas MIPA dan program Pasca sarjaya Universitas Brawijaya, Malang

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi ntuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Bandung.

Sugiyono, 1997, Statistika untuk Penelitian, Cetakan kedua, Bandung: CV Alfabeta.

------------, 2000, Statistika untuk Penelitian, Cetakan kedua, Bandung: CV Alfabeta.

------------, 2007, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, CV Alfabeta : Bandung.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Zeithaml, V. A. dan Mario Jo Bitner (1996), Service Marketing, McGraw-Hill Companies Inc., New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.