Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Imwi Brastibian, Risal Rinofah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini mengambil sampel perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang laporan keuangannya telah diaudit. Data penelitian sebanyak 10 perusahaan dan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifkasi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.


Keywords


struktur modal; pertumbuhan penjualan; ukuran perusahaan; profitabilitas; ROA; Leverage; Growth; Size

References


A.A Wela, Y. P., & Ida, B. B. (2015). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen, 4(7), 2052-2067.

Fahmi. (2013), Pengantar Manajemen Keuangan. (Alfabeta). Bandung.

Gladys, S., & Yulius, J. C. (2016). Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2014. Business Accounting Review, 4(1), 493-504.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. (Badan Penerbit UNDIP). Semarang.

Indonesian Capital Market Directory (ICMD)

Mardiyana. (2018). Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 44(1).

Moh, R., Rina, A., & Maria, M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2010 - 2012.

Mutaju, I. (2014). An Empirical Analysis Of The Relationship Between Working Capital Management And Profitability : Panel Evidence From Listed Manufacturing Companies In East Africa. European Jurnal of Business and Management, 6(7).

Ni, L. M. W. O., & I Gusti, B. W. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dalam Memoderasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen, 7(3).

Niken, A. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 1(1), 53-59.

Purwohandoko. (2017). The Influence of Firm’s Size, Growth and Profitability on Firm Value With Capital Structure as the Mediator : A Study On The Agricultural Firms Listed In The Indonesian Stock Exchange. International Jurnal of Economics and Finance, 9(8), 103-110.

Rinny, M. (2016). Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010 - 2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 161-179.

Sartono & Agus. (2001), Manajemen Keuangan. (BPFE). Yogyakarta.

Sugiyono. (2008), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. (Alfabeta). Bandung.

Sugiyono. (2010), Statistika Untuk Penelitian. (Alfabeta). Bandung.

Tamer, B. S. (2012). The Impact Of Working Capital On The Value Of The Company In Light Of Differing Size, Growth And Debt. Busineess and Economic Horizons, 7(1), 27-41

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i1.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats