Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Independensi Auditor Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan

Yusmaniarti Yusmaniarti, Febriyanti Febriyanti, Budi Astuti

Abstract


Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara maksimal apabila harga saham perusahaan meningkat. Salah satu aspek pengukuran nilai perusahaan adalah harga saham perusahaan karena mencerminkan penilaian dan investor atas keseluruhan ekuitas yang dimiliki perusahaan tersebut. Untuk mencapai nilai perusahaan umumnya para pemodal menyerahkan pengelolaannya kepada professional yang diposisikan sebagai manajer ataupun komisaris. Akan tetapi hal ini akan menimbulkan hubungan keagenan, oleh karena itu diperlukan  GCG  sebagai control bagi perusahaan agar tetap pada batasan yang seharusnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh GCG, independensi auditor dan kualitas audit terhadap nilai perusahaan. Dengan GCG yang diproksikan oleh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, dewan komisaris dan komite audit. Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu dengan  menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2024 sd 2018. Sample yang diambil adalah sebanyak 42 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik dan kualitas audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan probabilitas sebesar 0.000, 0.002, 0.012 dan 0.000. 2) Dewan komisaris, komite audit dan independensi auditor tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan probabililtas sebesar 0.417, 0.713 dan 0.806. 3) Hasil koefisien determinasi variabel independen mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 24,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel independen ada yang berpengaruh dan ada yang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan secara simultan variabel independen berpengaruh sebesar 24,2% terhadap nilai perusahaan.


Keywords


good corporate governance independensi auditor; kualitas audit dan nilai perusahaan

References


Adi Nugroho. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Kepemilikan Institusional, Kesempatan Investasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Semarang: Universitas Airlangga.

Anggraeni Puspita Rahayu, (2008). Hubungan Antara Audit Internal Dengan Good Corporate Governance. Bandung: Universitas Widyatama.

Arens, Alvin.A,dkk (2011). Jasa Audit dan Assurance.Jakarta: Salemba Empat.

Astuti, April Dwi., Rahman, Abdul., dan Sudarno. (2015). Pengaruh Kepemilikan Keluarga Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Agency Cost Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Dinamika Akuntansi. Magister Akuntansi Universitas Diponogoro.

De Angelo, L.E. (1981). Auditor Independence, “Low Balling”, and Disclosure Regulation.Journal of Accounting and Economics 3.Agustus. p. 133-127.

Debby, Julia Farah, Mukhtaruddin, Emylia Yuniarti, Dewa Saputra dan Abukosim.

(2014). Good Corporate Governance, Company’s Characteristics and Firm’s value: Empirical Study of Listed Banking on Indonesian Stock Exchange. GSTF Journal on Business Review (GBR), Vol. 3, No. 4.

Defy Kurnia Julianty, (2015). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufakur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Deis, D.R. dan G.A. Groux.(1992). Determinants of Audit Quality in The Public Sector. The Accounting Review.Juli. p. 462-479.

Deni Darmawati, Khomsiyah dan Rika Gelar Rahayu, (2016). Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan, Simposium Nasional Akuntansi VII, IAI, 2016.

Dwi Putri Kartika Sari dan Riki Sanjaya, (2018).Pengaruh Good Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.Jakarta; Trisakti School of Management.

Dwinur Diani Sari, (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Investment Opporunity Set, Return on Assets Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Evi Rahmawati, (2019). Pengaruh Media Exposure, Sensitivitas Industri, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Publik dan Profitabilitas Terhadap Environmental Disclosure dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan.

Fi’liyatul Laely dan Enceng Yana, (2018).Determinasi Kepemilikan Keluarga terhadap Kinerja Rentabilitas Perusahaan. Cirebon: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ghozali.Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali.Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali.Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hamonangan Siallagan dan Mas’ud Machfoedz, (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Padang: Simposium Nasional Akuntansi IX.

Hariyanti dan Lestari, (2015). Pengaruh Struktur Kepemilikan, IOS dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food And Baverage. E-Jurnal Manajemen Unud.Vol.4 No.4.1599-1626.

http://akuntansimaster.bogspot.com/2016/06/analisis-kasus-enron coorporation.html?m=1 (diakses 04 Juni 2016).

http://davidparsaoran.wordpress.com (diakses 7 juli 2009).

Iman S, Tunggal dan Amin S, Tunggal, (2009). Memahami konsep Corporate Governance. Havarindo: Jakarta.

Indah Hapsari, (2017). Profitabitas, Nilai perusahaan, Pemoderasian Kualitas Audit: Perspektif Keagenan, Sinyal, Kualitas Audit (DeAngelo).

Jensen, M. C and Meckling.W.H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, Oktober, 1976, V. 3, No. 4: 305-360.

Maharani Tri Sulistyani, (2017). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mardiyati, dkk. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilias terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurna Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Jakarta. III(1), 1-17.

Market rangking GCG di Asia 2016, diakses pada tanggal 13 September 2017 dari http://www.new.acga.asia.org.

Maryati Rahayu dan Bida Sari, (2018).Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jakarta: Universitas Persada Indonesia.

Mautz, R,K. dan H.A. Sharaf. (1993). The Philosophy of Auditing. Saratosa, Florida: American Accounting Association.

Muh.Arief Effendi, (2017).The Power of Good Corporate Governance.Jakarta: Salemba Empat.

M. Nizarul Alim, dkk. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X, IAI, 2019.

Monita putri.(2019). Analisis Pengaruh Kepemilikan Asing, Kepemilikan Domestik dan Kepemilikan Publik terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017.

Mukhtaruddin, Relasari, Messa Felmania. (2014). Good Corporate Governance Mchanism, Corporate Social Responsibility Disclosure on Firm Value: Empirical Stusy on Listed Company in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Finance & Accounting Studies, Vol. 2, No 1.

Mulyani, Susi Dwi dan Jimmi Osamara Munthe. (2018). Pengaruh Skeptisme Profesional, Pengalaman Kerja, Audit Fee dan Independensi terhadap Kualitas Audit pada KAP di DKI JAKARTA. Jakarta: Univesitas Trisakti.

Ni Putu Wida Putri Damayanti dan I Wayan Suartana, (2014).Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perudahaan. Bali: Unud.

Pancawati Hardiningsih, (2017). Pengaruh Independensi, Corporate Governance, dan Kualitas Audit Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Semarang: Universitas Stikubank.

Raja Aldino, (2015).Pengaruh Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012.Pekanbaru: Universitas Riau.

Rama Andi Wiguna dan Muhammad Yusuf, (2019).Pengaruh Profitabilitas dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Semarang: STIE Bank BPD Jateng.

R. C., Anderson. (2003b). Founding-Family Ownership, Corporate Diversification, and Firm Leverage. The Journal of Law and Economics, 46(2), 653-684.

Shabibah, (2017).Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan. Malang: Universitas Brawijaya.

Siregar,S.V.,danS.Utama.(2006).Pengaruh Struktur Kepemilikan, ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance terhadap Pengelolaan Laba (EarningsManagement). Jurnal Riset Akuntansi Indonesia,Vol. 9 No.3,September,2006,hal:307-326.

(Spssindonesia.com).

Suharti dan Tri Apriyanti, (2019).Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia.

Susiana,dan A.Herawaty.2007.Analisis Pengaruh Independensi, Mekanisme Corporate Governance,dan Kualitas Audit Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Simposium Nasional AkuntansiX, Makassar,26-28Juli,2007.

Tria Syafitri, dkk. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Malang: Universitas Brawijaya.

Vafeas, N. 2000. Board Structure and informaiveness of Earnings. Journal of Accounting and Public Policy, 139-160.

Wahyu Budianto dan Payamta, (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajeria Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Welvin I Guna dan Arleen Herawaty, 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor lainnya Terhadap Manajemen Laba. Jakarta: STIE Trisakti.

Wien Ika Permanasari, (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Yulius Jogi Christiawan dan Josua Tarigan, (2007). Kepemilikan Manajerial:Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Yulisa Rebecca dan Sylvia Veronica Siregar, (2011). Pengaruh Corporate Governance Index, Kepemilikan Keluarga, dan Kepemilikan Institusional terhadap Biaya Ekutas dan Biaya Utang: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Depok: Universitas Indonesia.

Yusmaniarti, Y., Hesti, S., & Lola, P. (2019). Influence PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE INDONESIA. Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(4), 406-418.

Vafeas, N, and Afxentiou, Z. 1998. The Association Between the SEC’s 1992 Compensation Disclosure Rule and Eecutive Compensation Policy Changes. Journal Of Accounting and Public Policy 17(1), 27-54.

Z, Rezaee. (2004). Corporate Governance Role in Financial Reporting. Research in Accounting Regulation, 107-149.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i1.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats