Pengaruh Price, Physical Evidance Terhadap Customer Satisfaction Melalui Customer Loyalty

Nugroho Edie Santoso, Ni Nyoman Putu Martini Ghottama

Abstract


Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yakni untuk menjelaskan kedudukan-kedudukan variabel yang diteliti serta untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Besar sampel  yang diperlukan 380 mahasiswa yang dipilih secara acak pada masing-masing fakultas sesuai dengan proporsinya. Landasan teori dan penelitian terdahulu yang sudah dilakukan menjadi dasar kerangka konseptual dalam penelitian ini. Variabel Price dan variabel Physical Evidance  memiliki pengaruh terhadap Customer Satisfaction (mahasiswa) dan Customer Loyalty (mahasiswa), selain itu juga memiliki pengaruh Customer Loyalty (mahasiswa) terhadap Customer Satisfaction (mahasiswa). Hasil uji dari lima variabel semuanya menghasilkan nilai yang positif dan signifikan, sesuai dengan model yang disampaikan, masing-masing variabel memiliki peran yang saling mempengaruhi satu sama lain sehingga Customer Satisfaction yang dituju melalui Customer Loyalty tercapai dengan nilai yang positif.


Keywords


price; physical evidance; customer loyalty; customer satisfaction.

References


Anggriana, Rina, Nurul Qomariah, Budi Santoso. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol.7 No. 2 .DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v7i2.1229

Assael, Henry. 1995. Customer Behaviour And Marketing Action, Keat Publishing Company, Boston.

Ariska, Viky, Nurul Qomariah, Bayu Wijayanti. 2020. The Impact of Service Quality, Price, Products, and Trust on" Kober Mie Setan" Consumer Satisfaction. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH VOLUME 9, ISSUE 04, APRIL 2020. 1782-1785. URL: http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0420-33932

Bayu, Novan, 2007, Pengaruh Kinerja Physical Evidence Terhadap Loyalitas Anggota Jasa Kebugaran Puri Cengkeh, Skripsi Sarjana, Bandung: Universitas Padjajaran.

David Setiadi 2016, Thesis, Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty dengan mediasi trust dan commitment pada konsumen Lazada.

Durianto, Darmadi. (2001). STRATEGI MENAKLUKAN PASAR melalui Riset Ekuitas dan Perilaku. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, Mohamad 2009, Metodologi Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM): Kajian Empiris Berdasarkan Riset Pemasaran Bank Mitra Wacana Media, Universitas Jember.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjanto,Rudy,2009, Prinsip-Prinsip Periklanan, Jakarta, PT Gramedia Jakarta

Hubert Anders Widagdo, Pengaruh Perceived Price Terhadap Customer Loyalty Melalui Perceived Quality Dan Customer Satisfaction Pada Produk Handphone Blackberry Di Surabaya Jurusan Manajemen, Jurnal WIMA 2015 Hal 1-7, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah, Akhmad Suharto. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Vol.2 No. 1. Url:http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/59,

DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v2i1.59

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip.2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Loudon, D.L, dan Della Bitta, A.J, 1993, Consumer Behavior: Concepts and Application, Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Maskur, Muhammad, Nurul Qomariah, Nursaidah. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang). Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia. Vol.6 No. 2. Hal: 212-221.

Url: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/361

DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v6i2.361

Mohsan, F., Nawaz, M. M., Khan, M. S., Shaukat, Z., & Aslam, N. 2011. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty and Intentions to Switch: Evidence from Banking Sector of Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 2(16), 263-270.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ratih Nurhayati 2005, Skripsi, Perumusan Strategi Pemasaran berdasarkan analisis SWOT Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rosalina, Mela, Nurul Qomariah, Maheni Ika Sari. 2019. Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian IPTEKS Vol.4 No. 2 , Hal: 161-174.URL: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/2455/1918.

DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2455

Senthilkumar, V. 2012. A Study on the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. Namex International Journal of Management Research. Vol 2 Issue No 2, July-December 2012. Pp 123-129.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima : Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tetty Herawaty, Pratami Wulan Tresna, Fildy Eka Wisudastuti Effect Of Price And`Service Fairness On Customer Satisfaction In GO-JEK, Jurnal AdBispreneur Vol. 1, No. 3, Desember 2016 Hal. 231-241

Tjiptono, F., 1997, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Yufegi Dinasti Sutrisno 2019, Skripsi, Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyaty Melalui Brand Image Dan Demographic Attributes Sebagai Variabel Moderator.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i1.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats