Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Wala Erpurini, Rafikah Zulyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem informasi pemasaran dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PT Sinar Continental Cimahi. Penelitian ini menghasilkan bahwa pengaruh sistem informasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai signifikasi sebesar 0.000 , yang lebih kecil dari α= 0.05 dan nilai thitung sebesar 7.531 dan nilai ttabel sebesar 2.002, sehingga sistem informasi pemasaran berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0.013 lebih kecil dari α= 0.05 dan nilai thitung  sebesar 2.550 dan nilai ttabel sebesar 2.002 sehingga kualitas produk berpengaruh signifakansi terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh sistem informasi pemasaran dan kualitas produk secara bersama-sama(simultan) ditemukan dengan signifikansi sebesar 0.000 dan nilai Fhitung sebesar 153.505 dan Ftabel sebesar 3.15, sehingga sistem informasi pemasaran dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


Kata Kunci : sistem informasi pemasaran; kualitas produ; kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analsiis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah, and Akhmad Suharto. 2016. “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DEPOT MIE PANGSIT JEMBER Emik.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 2(1): 1–15. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiF7_C856PbAhWOWysKHQiTBaA4ChAWCCYwAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal.unmuhjember.ac.id%2Findex.php%2FJMBI%2Farticle%2Fdownload%2F59%2F40&usg=AOvVaw0MolJ4RlvQ7Rk8ai7Di8W0.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks,.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Muzdalifah, Laily. 2017. “PENGARUH SISTEM INFORMASI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Pada Catering 1 Java Desa Dukuhtengah Buduran Sidoarjo ).” In Seminar Nasional Sistem Informasi, , 374–84.

Parasuraman, A, VA Zeithaml, and LL Berry. 1985. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research.” Journal of Marketing 49. http://www.jstor.org/stable/1251430 (June 24, 2016).

Qomariah, Nurul. 2015. Marketing Adactive Strategy. Jember: CV. Cahaya Ilmu.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2007. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

———. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats