Potensi Pariwisata Religi di Kabupaten Banyuwangi

Adytira Rachman, Mochamad Ardi Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi dan menginventarisasi persebaran situs religi di Kabupaten Banyuwangi; 2) mengembangkan model pariwisata religi di Kabupaten Banyuwangi; 3) menentukan strategi pengembangan yang tepat bagi pariwisata religi di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan bentuk dan strategi penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumen. Data yang diperoleh divaliditas dengan menggunakan triannggulasi data yaitu peneliti, teori, dan metodelogis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Pengembangan pariwissata terpadu adalah dengan cara memadukan berbagai potensi yang dimiliki oleh Banyuwangi menjadi daya tarik wisata baik potensi wisata alam, budaya, sejarah, maupun religi. Konsep terpadu digunakan untuk memberikan warna tersendiri bagi wisatawan agar tidak jenuh dalam menikmati pariwisata. Sedangkan strategi yang tepat untuk mengembangkan pariwisata religi adalah melakukan penataan lingkungan, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata, melakukan kerja sama dengan pihak lain (investor), dan mendirikan toursm center and information.


Keywords


Kata Kunci: pariwisata; religi; terpadu; pengembangan

Full Text:

PDF

References


Bungin, H. M. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cornelissen, Scarlett. 2005. The Global Tourism System: Governance, Development and Lessons from South Africa (New Directions in Tourism Analysis). Africa: Ashgate Publishing.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Miles, M. B, and A. M. Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. USA: SAGE Publications, Inc.

Muljadi, A.J. 2014. Kepariwisataan Dan Perjalanan. Bandung: Rajawali Pers.

Pendit. 2002. Strategi Pengembangan Pariwisata. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekadijo. 2000. Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata Sebagai “Systemic Linkage”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yoeti, Oka. 1995. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats