Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik

Hernadianto Hernadianto, Adrian Tito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu pada bulan Juni 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dengan membandingkan SAK ETAP dengan penyajian laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana tidak sesuai dengan SAK ETAP seperti terlihat dari beberapa laporan keuangan presentasi dari KSP Timur Indah Kencana kota Bengkulu yang tidak sesuai dengan SAK ETAP seperti, presentasi yang adil, informasi komparatif dan Identifikasi laporan keuangan. Laporan keuangan yang disusun oleh KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu telah dipandu oleh SAK ETAP, tetapi ada laporan keuangan yang tidak sesuai berdasarkan SAK ETAP yaitu dalam penyajian arus kas dan item neraca.


Keywords


Kata Kunci: Standar Akuntansi Entitas Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik, Kerjasama; Simpan Pinjam

Full Text:

PDF

References


Anoraga dan Widiyanti, (1993). Dinamika Koperasi. Jakarta: PT. Bina Adiaksara.

Baridwan, Zaki, (2004). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE-1 Jogyakarta.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, (2018). Data Koperasi Simpan Pinjam di Kota Bengkulu. Bengkulu : Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu.

Hendar, (2012). Manajemen perusahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Hernadianto, (2017:21) , Pengauditan “ Suatu Sistem dan Prosedur” . Arin Press Bengkulu

Herlin Fitriani, (2016). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)(Studi pada Koperasi Wanita Berkarya Mandiri).Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Ikatan Akuntan Indonesia, (SAK,2016). Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.Jakarta.:Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Niluh Gede Ariantini1, Anjuman Zukhri1, Made Ary Meitriana, (2014). Penerapan SAK ETAP dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Lembing Sejahtera Mandiri. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol : 4.No 1

Martani, Dwi. (2011). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Tersedia pada: http://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/ 2011/03/Standar-AkuntansiKeuanan-Entitas-TanpaAkuntanbilitas-Publik- SAKETAP.pdf. (diakses pada 9 maret 2018).

Munawir, (2004). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Singgih widy Prasetyo, (2017). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuanan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Koperasi (Studi kasus pada Koperasi di Kota Bandar Lampung). Skripsi (Tidak dipublikasikan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba, (2001). Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Subandi, (2013). Ekonomi Koperasi. Bandung: Alfabeta.

Revrisond Baswir (2000). Koperasi Indonesia.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rudianto, (2010). Akuntansi Koperasi. Jakarta : Erlangga.

Ulfah, Putri, (2011). Penerapan SAK ETAP Pada Koperasi x. Skripsi Telah dipublikasikan. Di akses pada tanggal 09 maret 2018. Jakarta : Universitas indonesia.

Undang-Undang No.17 tahun 2012. Tentang Perkoperasian. Indonesia.

Permen KUKM RI No.13/Per/M.KUKM/IX/2015. Tentang Akuntansi Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi. (online).(diskop.ntbprop.go.id/data/2016/permen-kukm-13-thn-2015-ttg-pedoman-akuntansi-usp-oleh-koperasi-revisi.pdf). diakses pada 28 maret 2018.

Permen Koperasi Dan UKM No.12/Per/M.UKM/IX/2015.Tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Rill. Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats