Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Pemakaian M-Wallet
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji model konseptual persepsi dan kepuasan konsumen terhadap aplikasi mobile wallet. Studi ini menggunakan model UTAUT seperti kemudahan penggunaan, kepercayaan, keamanan, self-efficacy, dan hedonisme untuk menguji perilaku konsumen dalam konteks teknologi pembayaran yang menggunakan aplikasi ponsel. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam survei penelitian ini adalah 113 mahasiswa yang digunakan untuk memahami perilaku adopsi konsumen terhadap aplikasi mobile wallet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan; Kedua, kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan. Ketiga, persepsi pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan. Kepuasan memiliki peran sebagai variabel intervening dalam model penelitian. Oleh karena itu, model dan hasil yang diusulkan dalam penelitian ini dapat berfungsi sebagai masukan penting bagi peneliti dan praktisi dalam konteks penggunaan aplikasi M-Wallet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Ardhanari, M. (2008). Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol .8 No. 2 September 2008.
APJII, (2017). Infografis: Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Di unduh pada tanggal 20 Juni 2019 di https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf
Aren, S., Guzel M., Kabadayi E., & Alpkan L. (2013). Factors Affecting Repurchase Intentions toward e-shopping: the case of Saudi Arabia, Journal of Enterprise Information Management, Vol. 24 No. 1, pp. 85-111.
Chiu, C.-M., Chang, C.-C., Cheng, H.-L. & Fang, Y.-H. (2008), Determinants of customer repurchase intention in online shopping, Online Information Review, Vol. 33 No. 4, pp. 761-784.
Cox, C. (2013). The mobile wallet: it’s not just about payments. Illinois Bankers Association, Chicago, IL.
Curtis, T., Abratt, R., Dion, P., & Rhoades, D. (2011). Customer Satisfaction, Loyality and Repurchase: Some Evidence from Apparel Consumers. Review of Business, 32(1), 47.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly. Vol. 13 No. 3. h. 319-40.
Eka, R. (2018). Gambaran Persaingan Bisnis Digital di Empat Sektor Terpopuler di Indonesia. Diunduh pada 2018, dari DaillySocial.ID:https://dailysocial.id/post/persaingan-bisnis-digital-2018.
Gupta, S., & Tahilyani, R. (2013). Mobile Banking and Payments in India, Harvard Business School, Case 513-053, January 2015.
Harjati, L., & Venesia , Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. Kwik Kian Gie School Of Bussines.
Hawkins, D., Mothersbaugh, D.& Best, R. (2009). Consumer Behavior Building Marketing Strategy (11th Ed.). McGraw-Hill.
Kim, J.B. (2012). An empirical study on sonsumer first purchase intention in online shopping: integrating initial trust and TAM, Electronic Commerce Research, Vol. 12 No. 2, pp. 125-150.
Kotler P. & Keller. K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, I., Santoso, S.B. & Dwiyanto B.M, (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver di Kota Semarang.
Kusnendi. 2008. Model model persamaan Struktural. Page 147-148. Bandung: Alfabeta.
Kyauk, S, T., & Chaipoopirutana, S. (2014), Factors Influencing Repurchase Intention: A Case Study of xyz.com Online Shopping Website in Myanmar, Humanities and management.
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang).
Price, K. & Pilorge, P. (2009). Mobile money an overview for global telecommunications operators, Ernst & Young.
Sari, E. N. (2016). Analisis Faktor Dalam Menggunakan Layanan E-Bill Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5.
Singh, N., Srivastava, S., & Sinha, N. (2016). Consumer preference and satisfaction of M-Wallets: a study on North Indian consumers. International Journal of Bank Marketing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung
Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Suwardi. (2011). Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Politeknik Negeri Semarang.
Toha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tsai, H-T. and Huang, H.-C. (2007), Determinants of e-repurchase intentions: an integrative model of quardruple retention drivers, information & management, Vol. 44 No. 3, pp. 231-239.
www.transonlinewatch.com. (2017) Jumlah Pengguna Go-Jek Terbanyak, Grab Kedua dan Uber Terbuncit. diambil dari: http://www.transonlinewatch.com/jumlah-pengguna-go-jek-terbanyak-grab-kedua-dan-uber-terbuncit/ (23 Januari 2017)
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Gremler, D.D. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.
Zulgenaf. (2008). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yamin, R. (2013). Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Astra International Daihatsu Di Manado. Jurnal Emba Vol.1 No.3. hal 1231-1240.
DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats