Strategi Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat direkomendasikan terkait faktor internal dan faktor eksternal pada Pabrik Tahu Alami di kota Padang. Salah satu masalah Pabrik Tahu Alami adalah pemasaran belum optimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal bisnis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFE dan matriks EFE. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal meliputi (1) menjaga kualitas produk dengan citarasa alami tanpa bahan pengawet yang memiliki nilai gizi tinggi untuk kesehatan; (2) menjaga kerja sama yang baik dengan produsen kedelai sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik; (3) meningkatkan kegiatan promosi produk dengan memposting di media sosial; (4) memberi kepercayaan kepada orang lain untuk mengelola bisnis sehingga mereka dapat membuka cabang bisnis di tempat lain; (5) memperbaharui mesin produksi sehingga produksi menjadi lebih efektif. Hasili penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Tahu Alami memiliki peluang bagus untuk mengembangkan bisnis, mampu bersaing dan mengatasi ancaman bisnis tetapi perlu ditingkatkan untuk strategi pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiddin, M. Z., Mas’udin, I., & Utama, D. M., 2017, Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan TOPSIS, Jurnal Teknik Industri. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no1.55-67
Assauri, S., 2011, Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. https://doi.org/10.1109/ACC.2007.4282338
Badan Pusat Statistik., 2019, Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2018, Retrieved August 8, 2019, from https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/950/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-penting-2007-201
Christian, Ribka. P & Mananeke, L., 2016, Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Fuad, M., H, C., Nurlela, Sugiarto, & Paulus., 2006, Pengantar Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
HM, R., 2015, Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F., 2018, Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon, Pengaruh Strategi…… 1568 Jurnal EMBA, 6(3), 1568–1577. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20265/19872
Khomsan, A., & Anwar, F., 2008, Sehat Itu Mudah,PT. Mizan Publika, Jakarta.
Marimin, 2004, Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Teknik Dan Aplikasi. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3743.2800
Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A., 2014, Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT Dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang), Jurnal Industria, 3(2), 93–106. Retrieved from https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/161/339
Rangkuti, F., 2005, Marketing Analysis Made Easy, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
Sarwono, B., & Saragih, Y. P., 2004,. Membuat Aneka Tahu, Rineka Cipta, Jakarta.
Siswanto, leilla faz’riah h ertiawati., 2018, Formulasi Strategi Pemasaran Minuman Herbal Instan Kelompok Wanita Tani Berdikari Wonosobo, Jawa Tengah. Bogor.
Suhartini, S., 2018, Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. MATRIK (Jurnal Manajemen Dan Teknik), https://doi.org/10.30587/matrik.v12i2.394
Wicaksono, A., 2018. Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta, Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.19
Zia, H. K., Semiarty, R., & Lita, R. P., 2018, Analisis SWOT sebagai Penentu Strategi Pemasaran pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang, Jurnal Kesehatan Andalas, 7(4), 6–11.
DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats