Kualitas Pelayanan Sebagai Determinan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Drajat Warga

Dana Suswati, Fitroh Adillah, Purwoko Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, PT. BPR Syariah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) Yogyakarta.  Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 86 nasabah dengan pendekatan CARTER yaitu kualitas pelayanan dan menguji aspek kepuasan nasabah ditinjau dari sudut kepatuhan terhadap ketentuan syariah. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan metode confirmatory faktor analysis dan pengukuran reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan, bukti fisik, ketanggapan, keandalan, jaminan tidak  berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun, variabel empati berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS BDW.


Keywords


Kata Kunci : kualitas pelayanan; CARTER, kepuasan nasabah

Full Text:

PDF

References


Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Djanas, Asmiati. 2016. “Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan.” JSM (Jurnal Sains Manajemen) Program V(2): 184–92.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Edisi Kelima Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Mutmainnah, Mutmainnah. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa 10(2): 201.

Parasuraman, A, VA Zeithaml, and LL Berry. 1985. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research.” Journal of Marketing 49. http://www.jstor.org/stable/1251430 (June 24, 2016).

Sofiati, Iis, Nurul Qomariah, and Haris Hermawan. 2018. “DAMPAK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN.” Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia 8(2): 244–59.

Subagja, Iwan Kurniawan, and Putri Herlanies Susanto. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 7(1): 69–84.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

———. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Candra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats