Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, promosi menggunakan media elektronik dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hesteroskedastisitas, analisis tingkat capaian responden, uji linier regresi berganda dan pengujian hipotesisi. Hasil penelitian pada mahasiswa kampus 1 UMSB Padang menunjukkan harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo. Sedangkan promosi melalui media elektronik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo. Namun harga, promosi melalui media elektronik dan citra produk Secara bersama-sama berpengaruh signifikan atau bernilai positif terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Nur Aulia, Seno Sumowo, And Bayu Wijayantini. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Peneliti 3(2): 186–96.
Ambarini, Nurrilah Okta, Nurul Qomariah, And Anwar. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Komplek Mutiara Jember.” Jurnal Penelitian Ipteks 1(1): 51–65.
Aminullah, Rois, Akhmad Suharto, Tatit Diansari, And Email Roisaminullahgmailcom. 2018. “The Effect Of Location Prices And Complete Products On Purchase Decisions Pendahuluan Saat Ini Persaingan Dalam Penjualan Sparepart Dan Accessories Motor Sangat Ketat , Sehingga Setiap Perusahaan Dituntut Untuk Mampu Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Kepa.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4(2): 204–18.
Angga, Dino, And Budi Santoso. 2015. “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Biro Perjalanan Wisata ‘Hobi Wisata Tour & Travel’ Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 1(1): 1–15.
Apriliana, Hesty Tri Ayu, And Seno Sumowo. 2015. “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Kepuusan Pembelian Smartphome Android Merek Samsung (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember 2011-2013).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 1(2): 121–42.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analsiis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang: Bp Universitas Diponegoro.
Hermawan, Haris. 2015. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember Haris.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 1(2): 143–61.
Husen, Akhmad, Seno Sumowo, And Akhmad Fahrur Rozi. 2018. “Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4(2): 127.
Indra, Ragana, And Abadi Sanosra. 2016. “Konfigurasi Ekuitas Merek Dalam Membentuk Pembelian Di Rumah Makan Wong Solo Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 2(1): 1–15.
Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah, And Akhmad Suharto. 2016. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember Emik.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 2(1): 1–15.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Prenhalindo.
Kotler, Philip, And Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Napik, Ahmad, Nurul Qomariah, and Budi Santoso. 2018. “Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry.” Jurnal Penelitian IPTEKS 3(1): 73.
Sa’dullah, and M Naely Azhad. 2015. “Analisis Persepsi Kualitas Layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Perdagangan Ikan.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 1(1): 61–75. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/viewFile/15/13.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius Candra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i1.2376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats