Meningkatakan Kesejahteraan Ekonomi Rakyat Melalui Pariwisata Di Wilayah Kabupaten Banyuwangi

Winda Hurotul ‘Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pariwisata di Banyuwangi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan salah satunya dilakukan dengan mengembangkan pariwisata. Pariwisata diyakini akan mampu untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendiskripsikan kejadian yang terjadi pada saat penelitian dilakukan. Kejadian yang didiskripsikan meliputi perkembangan atau dampak adanya wisata yang dilihat dari data ekonomi daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wisata berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Perkembangan wisata ini juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan tempat wisata. Untuk itu diperlukan adanya timbal balik antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah selaku pengatur kebijakan dan masyarakat sebagai pelaku harus saling mendukung untuk mewujudkan keberlanjutan tempat wisata yang dibuka. Dengan adanya sinergi, keterkaitan dan kesinambungan antara pemerintah dan masyarakat terkait pengelolaan tempat wisata, diharapkan akan diikuti dengan peningkatan ekonomi masyarakat disekitar tempat wisata.

Keywords


perkembangan pariwisata, ekonomi kerakyatan, kesejahteraan

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Edisi Kelima Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Muljadi, A. J. (2014). Kepariwisataan Dan Perjalanan. Bandung: Rajawali Pers.

Pendit. (2002). Strategi Pengembangan Pariwisata. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanaubar, G., Hidayat, W., & Kusuma, H. (2017). Pengaruh Potensi Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Perhotelan Di 9 Kabupaten /Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2012-2015. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(3).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Yoeti, O. (1995). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i1.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats