Pengaruh Kreativitas, Penggunaan Media Sosial Dan Pemanfaatan E Commerce Terhadap Keberhasilan Wirausaha Pada UMKM Manik-Manik Balung Jember

Ajeng Ayu Maulida Putri, Pawestri Winahyu, Septy Holisa Umamy

Abstract


Para pengusaha dapat memaksimalkan faktor-faktor untuk keberhasilan bisnisnya, yaitu kreativitas dan pemilihan media promosi. Fenomena yang terjadi pada UMKM manik-manik Balung Jember yaitu warna produk kurang menarik dan daya saing yang tinggi, meskipun demikian produk mereka berhasil masuk ke pasar internasional. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana kreativitas, penggunaan media sosial dan pemanfaatan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha. Studi ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan non-probability sampling.Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang berjumlah 40. Analisis regresi linear berganda dengan memanfaatkan program IBM SPSS versi 25 digunakan untuk menganalisis data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas, penggunaan media sosial, dan penggunaan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM manik-manik Balung Jember.

Keywords


Kreativitas; Penggunaan Media Sosial; Pemanfaatan E-commerce; Keberhasilan Usaha

References


Ardiyanto, R. (2020). Pengaruh Karakteristik Kewirausahan Dan E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Industri Tas Di Leuwi Panjang Kota Bandung. 2020(1), 473–484.

Arifudin, P. M. (2016). Pengaruh Kreativitas , Inovasi Dan Media Promosi Terhadap Keberhasilan Usaha Warung Kopi Free Wifi Di Kecamatan Wates Skripsi Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memeperoleh Gelar Sarjana Ekonomi ( S . E .) Pada Program Studi Manajemen Oleh :

Budi Dharma, Lia Purnama Sari, & Zahrina Ghaisany Pulungan. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 216–225. Https://Doi.Org/10.55606/Jekombis.V1i4.942

Fauzi, V. P. (2017). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. Jurnal Sains Dan Seni Its, 6(1), 51–66. Http://Repositorio.Unan.Edu.Ni/2986/1/5624.Pdf%0ahttp://Fiskal.Kemenkeu.Go.Id/Ejournal%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Cirp.2016.06.001%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Powtec.2016.12.055%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Ijfatigue.2019.02.006%0ahttps://Doi.Org/10.1

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gunawan, D., Monika, R., Stie, ), Karya, B., & Tinggi, T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan Wirausaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelaku Umkm. Management, Accounting And Technology (Jematech), 5(2). Https://Doi.Org/10.32500/Jematech.V5i2.2544

Harahap, S., & Harahap, N. (2022). Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis Pengaruh Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisinis, 2 No.

Hidayati, R. B. (2022). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Modal Usaha, Inovasi Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha Umkm Di Kota Salatiga Dengan Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Moderating.

Kristian, D., & Gofur, A. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Umkm Dipademangan Jakarta Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, 106(1), 106–115.

Lai, A., & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas, Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Umkm Kedai Kopi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 576–584. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V5i3.25336

Marden, R., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Efikasi Diri Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa Feb Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 181. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V4i1.17190

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Http://Www.Apjii.Or.Id/V2/Index.Php/Read/Article/Apjii-At-Media/133/2012-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-

Wilson Rendy Wijaya, S. E. H. (2023). Pengaruh Media Sosial, Kreativitas, Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Umkm Kuliner Jakarta Utara. Growth, 21(1), 112. Https://Doi.Org/10.36841/Growth-Journal.V21i1.2817

Zahara, M. P., Sari, D. P. P., & Samsiah, S. (2019). The Effect Of E-Commerce, Business Capital, Accounting Information, And Entrepreneurship Characteristics On Business Success (Case Study On Smes Caffe And Pekanbaru Restaurant In Gofood Application). In Research In Accounting Journal (Vol. 2, Issue 5). Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Raj%7c




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v14i2.23540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor