Pengaruh Citra Lembaga Amal Dan Influencer Terhadap Keputusan Donatur Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening

Abdul khamil, Abadi Sanosra, Dwi Cahyono

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini dalam rangka untuk menganalisis dan menilai seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung dari varibel citra lembaga amal dan influencer terhadap variabel dependen keputusan donatur dengan kepercayaan digunakan sebagai variabel intervening pada donatur aktif di kantor Lazismu se-eks karesidenan Besuki. Metode yang akan digunakan merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai sumber data dari 250 responden. Hasil analisis data penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan dibantu aplikasi Smart PLS 3.2 untuk menunjukkan bahwa citra lembaga amal dan influencer berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan dan keputusan donatur, serta terdapat pengaruh tidak langsung dari citra lembaga amal dan influencer terhadap keputusan donatur melalui variabel kepercayaan. Hipotesisnya tentang pengaruh citra lembaga amal dan influencer terhadap kepercayaan donatur melalui kepercayaan dapat diterima

Keywords


Citra Lembaga Amal; Influencer; Keputusan; kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Achmad, N., Mahdum, M., Hosen, M. N., Noor, Z., Sakwan, S., Kurniawan, R., Sudrajat, N. C. A., Amin, K., Suminto, Hudori, M., Purwakananta, M. A., & Zayadi, A. (2022). Outlook Zakat Indonesia 2022. In Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS) (Vol. 1999, Issue December).

Afiyana, I. F., Nugroho, L., Fitrijanti, T., & Sukmadilaga, C. (2019). Tantangan Pengelolaan Dana Zakat di Indonesia dan Literasi Zakat. Akuntabel, 16(2), 222-229. Universitas Mulawarman.

Degasperi, N. C., & Mainardes, E. W. (2017). What motivates money donation? A study on external motivators. Revista de Administração, 52(4), 363–373. https://doi.org/10.1016/j.rausp.2017.08.002

Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). Pengaruh viral marketing terhadap kepercayaan konsumen serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 163–171.

Heslop, N. (2021). WORLD GIVING. Https://Www.Cafonline.Org/about-Us/Publications/2021-Publications/Caf-World-Giving-Index-2021. https://www.cafonline.org/about-us/publications/2021-publications/caf-world-giving-index-2021

Hsu, S. C. (1987). English of Management. Tunghua Publishing.

Indah S. M Maramis, Lisbeth Mananeke, & Sjendry S. R Loindong. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’lkolongan. EMBA, 10(1), 39–48.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1).

Lin, L. Y., & Ching Yuh, C. Y. (2010). The influence of corporate image, relationship marketing, and trust on purchase intention: the moderating effects of word of mouth. Tourism Review,

Mainardes, E. W., Laurett, R., Degasperi, N. C. P., & Lasso, S. V. (2017). External motivators for donation of money and/or goods. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing, 22(2), 1–11. https://doi.org/10.1002/nvsm.1568

Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Qomariah, N. (2011). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM, X(1), 30–42.

Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu.

Qomariah, N., Mahendra, M. M. D., & Hafidzi, A. H. (2021). The Effect Of Price Consciousness , Sales Promotion And Online Customer Reviews On Purchase Decisions At The Marketplace Tokopedia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 23(6), 57–63. https://doi.org/10.9790/487X-2306045763

Qoyim, A., Jauzi, A., & Zakiy, M. (n.d.). Analisis Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Dana Donasi pada Uang Kembalian Belanja di Alfamart.

Rahmi Delsi Tuttia, & Nizam Ahmad. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Tiket Pesawat Secara Online pada Konsumen Traveloka.com dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen (Vol. 2, Issue 3). https://jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/3522

Sayyid, A., Purwanto, A. C., Purwanto, T., & Surabaya, A. B. (2019). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Trustworthiness (Studi pada akun Instagram @kulinerSby). Majalah Ekonomi, XXIV, 219–231

Tomi. (2022). Kepercayaan sebagai mediating variabel antara electronic word mouth (E-WOM), influencer terhadap minat beli konsumen pada akun instagram @Kokobuncit masa pandemi covid - 19. https://erepository.uwks.ac.id/11211/

Zak, S., & Hasprova, M. (2020). The role of influencers in the consumer decision-making process. SHS Web of Conferences, 74, 03014. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207403014




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v14i1.23145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats