Analisis Pengaruh Brand Ambassador Idol Kpop Dan Impulse Buying Behaviour Milenial Terhadap Purchase Intention Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Penggemar Kpop Di Jakarta)

Afifah Martina, Tito Siswanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada penggemar Kpop, bertujuan menjelaskan serta menganalisis pengaruh dari variabel brand ambassador idol kpop dan impulse buying behaviour milenial terhadap purchase intention pada marketplace Tokopedia di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosisatif yang menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan responden 100 pengguna yang pernah melakukan transaksi pembelian setidaknya satu kali melalui Tokopedia. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) dengan software Smart PLS versi 3.0 melalui tahapan analisa outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian dari ketiga hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada Tokopedia di Jakarta, variabel impulse buying behaviour milenial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention Tokopedia di Jakarta. Secara simultan, variabel brand ambassador dan impulse buying behaviour memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention dengan persentase 28% sedangkan 82% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


Brand Ambassador; Impulse Buying Behaviour; Purchase Intention; Marketing 4.0; Marketplace

Full Text:

PDF

References


Andini, Nurul Paradhita dan Lestari, Martha Tri. 2021. “Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia”. e-Proceedding Management. 8(2). 2074.

Ahmadi. 2020. “Pengaruh E-Commerce, Promosi Penjualan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif”. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 481-493.

Angela & Paramitha, et.,al. 2020. “Pengaruh Lifestyle dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z”. 10, 248-262.

Dimitroupoulou, Alexandra. 2019. The World’s Top 100 Most Succesfull, 2019, (Online),(https://ceoworld.biz/2019/04/15/the-worlds-top-100-most-successful-unicorns-2019, diakses pada tgl 15 April 2021).

Edy, Christanto & Haryani, Sri Setyani. 2018. “Impulse Buying Behaviour pada Konsumen Online”. ISSN: 2621-1572.

Elian, Yossi dan Rinaldi. 2020. “Pengaruh Pada Iklan Celebrity Endorser BTS Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Remaja di Kota Padang”. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fachira, Ira & Wibisono, Ario Bimo. 2021. “Factors Influencing Online Impulse Buying Behaviour in Indonesia”. 37(1).

Fataron,Zuhdan Adi. 2019. “Online Impulse Buying Behaviour: Case Study On Users of Tokopedia”. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 1(1), 47-60.

Makki, Safir. 2020. “Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020”,(Online),(https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-ecommerce-di-indonesia-2020, diakses pada tgl 14 April 2021).

Mutanafisa, Al Tasneem & Retnaningsih. 2021. “The Effect of Sales Promotion and Impulsive Buying of Online Platform Consumers”. Journal of Consumer Science, 6(1), 77-91.

Nasri, Hilmi. 2020. “Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Brand Awareness Tokopedia di Indonesia”. Malang: Universitas Brawijaya.

Nawaz, N. 2018. “What Makes Customers Buy on Impulse”. Evidence from Pakistan Nainan. UCP Management Review, 2(1), 50-56.

Praharjo, Ardik. 2019. Perilaku Pembelian Secara Online Generasi Milenial Indonesia. 19(1).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suhartini, Y. I., Rodhiyah, R., & Listyorini, S. 2016. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 1-10.

Syaputra, Dwi Yudha. 2021. “Konsep Strategi Pemasaran Marketplace sebagai Penerapan Marketing 4.0”. Jurnal Indonesia Sosial dan Teknologi, 2(6).

Wahyuni, Nuraida, Irman, Ade Saeful Mutaqin, & Gunawan, Akbar. (2018). Pengenalan da Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v13i2.23133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats