Pengaruh Kualitas Layanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Genteng Kabupaten Banyuwangi

Wardatul Aspiyah, Abadi Sanosra, Toni Herlambang

Abstract


Kualitas pelayanan serta inovasi produk layanan ini memberikan peran penting bagi RSUD Genteng di Kabupaten Banyuwangi. Dengan memiliki pelayanan yang berkualitas maka dapat di sinyalir terutama konsumen dalam hal ini adalah pasien dapa membuat puas dalam menggunakan jasa layana yang diberikan RSUD Genteng, apa lagi rumah sakit melakukan inovasi-inovasi dalam pelayana ini akan membuat masyarakat terutama pasien akan puas pada layanan yang diberikan rumah sakit dan pada akhirnya masyarkat mempercainya atas layana yang diberikannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk  menguji  variabel kualitas pelayanan dan inovasi produk layanan  terhadap  kepuasan pasien serta kepercayaan pasien sebagai  variabel  tidak  bebas. populasi penelitian ini adalah pasien rumah sakit Genteng dengan sampel 150 orang, penetapan sampel dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien secara langsung, variable inovasi produk layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien secara langsung, variable kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan pasien secara langsung, variable inovasi produk layanan berpengaruh nigatif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien secara langsung, variable kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien secara langsung, variable kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien melalui kepuasan paien. variable inovasi produk layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien melalui kepuasan paien

Keywords


kualitas pelayanan; inovasi produk layanan; kepuasan pasein; kepercayaan pasien

Full Text:

PDF

References


Ashraf, M. A., Niazi, b., & Zafar, U. (2018). Impact Of Brand Image, Service Quality And Trust On Customer Loyalty, Moderating Effect Of Perceived Price Fairness And Mediating Effect Of Customer Satisfaction: Case Study on Telecommunication Sector of Pakistan. International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 3(10), 08-20. doi:10.2139/ssrn.3235566

Bachmann, & Zaheer. (2006). The Handbook of Trust Research. Jakarta: Erlangga.

Darsono, L., & Dharmmesta, B. (2005). Kontribusi Involvement dan Thrust in Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia,, 20(3), 27.

Dwyer, R., Schurr, P., & Oh, S. (2000). Output sector munificence effects on the internal political economy of marketing channels. Journal of Marketing Research,(24), 347-358.

Fasochah,. (2013). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel Mediasi (Studi Pada RS Darul Istiqomah Kaliwungu Kendal). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi(13), 22.

Faozen. 2019. Work Stress: Antesedent Variables And Its Impact On Employee Motivation And Performance (Case Study At The University Of Muhammadiyah Jember). ICOGISS 2019. 1, pp. 536-553. Jember: jurnal.unmuhjember.ac.id. doi:http://dx.doi.org/10.32528/pi.v0i0.2521

Gunasti, A. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Perumahan Terhadap Kepercayaan Konsumen Perumahan Kepada Developer (Studi Kasus Perumahan Di Kabupaten Jember). Media Teknik Sipil, 12(2), 101 - 110.

Marzaweny, D. (2012). Analisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru. jurnal Aplikasi Manajemen, 10(3), 564-573.

McKnight, e. (2002). “Developing and Validating Trust Measures for e-Commerce: An Integrative Typology. Information Systems Research, 13(2), 334–359.

McKnight, e. (2002). The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal sistem strategi informasi, 11.

Saleem, M. A., Zahra, S., & Yaseen, A. (2017). Impact of service quality and truston repurchase intentions –thecase of Pakistan airline industry. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 29(5), 1136-1159. doi: https://doi.org/10.1108/APJML-10-2016-0192

Santoso, A., & Aprianingsih, A. (2017). The Influence Of Perceived Service And E-Service Quality To Repurchase Intention The Mediating Role Of Customer Satisfaction Case Study: Go-Ride In Java. JOURNAL OF BUSINESS AND MANAGEMENT, 6(1), 32-43.

Setiawan, H., & Sayuti, A. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 19(5), 31-40.

Sherren, & Prabowo, H. (2012). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Dampaknya Pada Retensi Pelanggan JNE Pangkalpinang. Jakarta: Thesis Binus.

Soetomo,. (2002). Ilmu Sosiatri: Lahir dan Berkembang dalam Keluarga Besar Ilmu Sosial, Sosiatri, Ilmu, dan Metode. Yogyakarta: Aditya Media.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v13i2.23131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats