Pengaruh Distribusi Air Dan Kualitas Air Terhadap Kepuasan Pelanggan Perumdam Tirta Pandalungan Kabupaten Jember

Eko Prasetyo Subekti

Abstract


Perumdam Tirta Pandalungan Kabupaten Jember merupakan perusahaan air minum yang seringkali tidak ada aliran airnya, agak keruh dan masih berbau kaporit. Keluhan yang paling umum adalah waktu yang dibutuhkan untuk memasang sambungan air minum pelanggan dan sering terjadi masalah dengan distribusi sehingga jumlah air yang diterima pelanggan tampaknya menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan perusahaan, menentukan pendistribusian air dan menganalisis kualitas air berdasarkan keluhan yang dihadapi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas diajukan untuk 96 responden. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel statistik frekuensi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 24 yang memiliki uji statistik untuk analisis regresi berganda. Berdasarkan penelitian, hasil kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa sikap responden setuju dengan pelayanan yang diberikan dengan melihat informasi mengenai keluhan pelanggan yang dapat diselesaikan oleh perusahaan. Ini menunjukkan bahwa nilai default adalah 0,676. Artinya, jika X1 = 0 dan X2 = 0 maka besarnya variabel kepuasan pelanggan adalah 0,676. Nilai koefisien kualitas pelayanan (X1) sebesar 0,151 yang berarti bahwa pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 0,151 atau 15,1%. Sedangkan faktor inovasi pelayanan (X2) sebesar 0,605 atau 60,5% berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Di antara kedua variabel independen tersebut, inovasi layanan memiliki dampak yang lebih besar terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung kedua variabel adalah 301,129 pada taraf signifikan 0,000. Hasil tersebut berada di atas nilai F tabel sebesar 3,09. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan inovasi pelayanan secara simultan (bersamaan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


Distribusi Air; Kualitas Air; Kepuasan Pelanggan; Perumdam

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Novida (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang. Spektrum Vol. 14 No. 2 (2017).

Apsari, Ni Made Dwi Putri, I Putu Dhamanu Yudartha dan I Ketut Winaya ( Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Badung Tahun 2017. Simdos. Denpasar: Unud.

Daryanto. (2021). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dharmmesta, Swastha B. dan Handoko, (2014).Manajemen Penjualan .BPFE Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiyansyah, (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Hutagaol, Victor Edison, (2022), Studi Pelayanan Distribusi Air Bersih Dari Sumber Mata Air Bahsikam Pada PDAM Tirtauli Kota Pematangsiantar, ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol.1, No.5, April 2022.

Kotler, P dan Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, (2016). Faktor Utama Penentu Kepuasan. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Januari 2016, p: 65-75 Vol. 9, No.1 ISSN : 1907 – 6037 e-ISSN : 2502 – 3594.2006.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2015). Manajemen peleayanan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standart pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Salman, Andi Bau, Andi Jamaluddin, Andi Bakti (2022) Pengaruh Distribusi Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Danau Tempe Kabupaten Wajo. PRECISE: Journal of Economic Vol.1 No.2, Oktober 2022, 31- 50 / ISSN: 2829-5161

Sinambela, Lijan Poltak. (2016). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan Impelentasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwarno, Yogi. (2018). Inovasi Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Manajemen Dan Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v13i1.22153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats