PENGARUH BRAND IMAGE DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Zainal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan trust  terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu as telkomsel di Desa Pokaan  Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Populasi pada penelitian ini diketahui sebesar 685 pengguna kartu AS Telkomsel pada Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo,  jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 responden, dengan kriteria melakukan pembelian minimal sebanyak 3 kali kartu As. Metode analisis mengunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel truts berpengaruh secara signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan. Variabel brand image mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci: brand image, trust, loyalitas pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Akbar dan Parvez. 2009. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Edisi Ketiga. Bandung: Indah Karya.

Arikunto, S. 2010, Prosedur Penelitian, ed. Rev.,cet. Empat Belas. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Augusty, F. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Barnes. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Yogyakarta: Andi Offset.

Budi Lestari, Retno. 2014. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Company Reputation Terhadap Loyalitas Handphone XYZ Di Palembang. Diterbitkan. Skripsi. Palembang: STIE MDP.

Djati, P. dan Ferrinadewi. 2004. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Durianto. 2001. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Gujarati, D. 2000. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005, Customer Loyalty, Edisi Revisi, Jakarta : Erlangga.

Kasali, R. 2005. Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Global Edition. Hall: Pearson Prentice.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran, jilid 1, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kurniawati, D. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kfc Cabang Kawi Malang). Diterbitkan. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Lupiyoadi, R. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Low dan Lamb. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Kudus: Badan penerbit Universitas Muria Kudus

Lau dan Lee. 2007. Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Hasan, A. 2013. Marketing. Yogyakarta: Media Utama

Husein, U. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Cetakan ke 6. Jakarta: PT Raja Grafindo Aksara.

Machfoedz, M. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Mohammad. 2011. Strategi Dalam Manajemen Pemasaran. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Moorman, et. al. 2007. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., dan Minor, M. 2002. Perilaku konsumen. Trans.( Lina Salim). Jakarta: Erlangga.

Nurani, A. 2015. Pengaruh Brand Image, Trust dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie. Diterbitkan. Skripsi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Prasetyo, W. B. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Swalayan Luwes Purwodadi). Diterbitkan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponogoro.

Rangkuti, F. 2004. Riset Pemasaran. Cetakan 5. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Roslina. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schiffman, L, G., Kanuk. L. L. dan Leslie L. 2006. Prilaku Konsumen, Diterjemahkan oleh Zulkifli Kasip. Jakarta. Penerbit: PT Indeks.

Schiffman, L, G. dan, L. L. Kanuk. 2007. Persepsi kualitas, Consumer Behavior.

New Jersey: Perason Prestice Hall.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisni. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Diterbitkan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponogoro.

Swastha, B. dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu. 2005. Azas-azas Marketing. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan dua, Yogyakarta : Andi.

Viot. 2007. Manajemen Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Yin, Y. dan Faziharudean. T.M. 2010. Factor Affecting Custommer Loyalty of Using Internet Banking in Malaysia. Jounal of Electronic Banking System Faculty of Businees and Accountancy. University of Malaysia




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats