PENGARUH HARGA, DESAIN, SERTA KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Umah Batik Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, desain, dan kualitas produk Umah Sayu Wiwit Banyuwangi. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 95 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis (uji t koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel harga, desain dan kualitas produk, semuanya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari uji t diperoleh hasil harga, desain dan kualitas produk, semuanya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: harga, desain, kualitas produk dan kepuasan konsumenFull Text:
PDFReferences
Aaker, David. 2013. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum P. Michael J.
Anggriana, Rina, Nurul Qomariah dan Budi Santoso. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online OM-JEK Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia (JSMBI) Vol. 7 No. 2. 2 Desember 2017. Universitas Muhammdiyah Jember.
Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi, edisi pertama. Jakarta:Rajagrafindo.
Baker, 2012. Marketing Startegy and Management. Bandung: Alfabet.
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.
Cannon, Joseph P, William D. Perreault, Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ferdinand, Agusty. 2006. Structural Equation Modelling dalam Penelitian
Manajemen. Semarang: FE UNDIP.
Gaspersz, Vincent,2005. Total Quality Management. PT Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
G Moore, Franklin dan Thomas E Henderick. 2010. Manajemen Produksi dan
Operasi. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS.Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah dan Akhmad Suharto. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Depot Mie Pangsit Jember”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Vol 2, No1 Juni 2016. Universitas Muhammdiyah Jember.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,Edisi Kedelapan,Jakarta,Erlangga.
Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2008. Prinsip - Prinsip Pemasaran 2. Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2010. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2006, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi Kedelapan,Jakarta,Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong. Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2). Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip 2005, “manajmen pemasaran’’ Jilid I dan II, PT. Indeks, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani, 2012, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba 4, Jakarta.
Mayasari, dwi Septiani suwarni. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Studi Kasus Kartu Perdana IM3 di Fakultas Negeri Malang. Jurnal ekonomi bisnis. Vol.16 No. 1, maret Tahun 2011.
Nasution, M 2005, “Total Quality Management”, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Oktaviani, Rani. 2016. Pengaruh kualitas produk, kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Minuman Isotonik Merek Mizone). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Pranata, Hery. 2017. Pengaruh Harga, Desain Serta Fitur Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Merek Produk Smartphone Merek Samsung Pada Konsumen di Wilayah Tegalboto Jember. Skripsi. Fakultas Ekonomi an Bisnis. Universitas Negeri Jember.
Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember. Cahaya Ilmu.
Swasta, Basu dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Stringer, Michael & C. Dennis. 2015. Chilled foods. England: TJI Digital Padstow, comwal.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi. Offset.
Tristiana, Ani. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap KepuasanKonsumen Sepeda Motor Honda Vario. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen .Volume 5 (6), Juni 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).
Tajab, Umpu Malik. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Desain Produk Sepeda Motor Honda Scoopy fi Dengan Kepuasaan Konsumen (studi kasus pt tunas dwipa matra raden intan Bandar lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Lampung.
Yus, R Hardjadinata , 2013, Manajemen Produksi dan Operasi, Dialog Bandung
Agustina,Astri.http://ekonomi.inilah.com/read/1839270/URLTEENAGE. Diunduh pada tanggal 15 desember 2017.
https://www.voaindonesia.com/a/batik-jawa-timur-mendunia-melalui-kekayaan-motif-dan-pewarna-alam/2469846.html. Diunduh pada tanggal 11 juli 2018.
DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats