STRATEGI SELLING-IN, HUBUNGAN DISTRIBUTOR DENGAN OUTLET, DAN STRATEGI PELAYANAN OUTLET PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Slamet Wijiono, Dwi Cahyono, Nurul Qomariah

Abstract


Strategi Selling-In, hubungan distributor dengan outlet, dan strategi pelayanan outlet merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dewasa ini untuk menjamin efektifitas kegiatan marketing sehingga produk secara optimal dengan perantara outlet untuk menjangkau konsumen akhir.Hal ini akan menjadi indicator bahwa kinerja pemasaran dapat dikatakan berjalan dengan baik. Dalam Kinerja Pemasaran yang baik ada tiga faktor utama yang menjadi besaran nilai yaitu volume penjualan, pertumbuhan dan  penjualan serta porsi pasar. Tiga faktor tersebut sangat mungkin berjalan seiring jika ada follow up yang rutin dan terus menerus oleh perusahaan di tingkat outlet rekanan, hal ini akan menjamin ketersediaan barang dan memastikan konsumen akhir untuk mendapatkan barang yang diinginkan.Sehingga kepuasan konsumen akan tercapai dan bagi perusahaan akan dapat meningkatkan penjualan. Terbukti bahwa strategi selling-in, hubungan distributor dengan outlet, dan strategi pelayanan outlet berpengaruh significant terhadap kinerja pemasaran.

 

Kata Kunci : Selling-In, Kinerja Pemasaran, Outlet

Full Text:

PDF

References


Adikusumo. (2003). Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Bisnis Antara Tenaga Penjualan dan Retailer Terhadap Efektifitas Penjualan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol II, No 3, p.247-264.

Arif. (2004). Analisis Kinerja Distribusi Selling-In Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (studi kasus pada supplier swalayan Sri Ratu Pemuda Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume II, No 1, p 55-70.

Augusty, Ferdinand, 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Diah, Yoestini. (2003). Studi Mengenai PengembanganHubungan Jangka Panjang Perusahaan dan Penyalur, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol II, No 1, p 67-84.

Garbarino, Johnson (1999). The Different Roles of Satisfaction, Trust, and Commitment in Customer Relationships, Journal of Marketing, Vol 63, April 1999.

Gebauer, Gustafsson, Witell (2011). Competitiv Advantage Trough Service Differentiation by Manufacturing Companies, Of Page 11.

Homburg. (2002). Service Orientation of a Retailers Bussines Strategy : Dimention, Antecedents, and Performance Outcomes, Jounal of Marketing Voll 66 (Oktober), p86-101.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian,. Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta

Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid. 1. Jakarta.

Prasetyo, B., dkk. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember. Cahaya Ilmu.

Rangkuti, Freddy. (2003). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.

Sunaryo. (2002). Dinamika Startegi Pelayanan Outlet dan Kinerja Pemasaran, Journal Sains Pemasaran Indonesia, Vol 1, No 1, Mei p41-56.

Susanto, Faiz (2006). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi omitmen penyalur sebagai upaya meningkatkan hubungan jangka panjangdengan distributor (studi kasus pada para penyalur PT. Merapi Utama Pharma Cabang Semarang, Jurnal Bisnis Strategi Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Vol 16, No 2, p 21-33.

Tjiptono. (2002). Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta

Ujang Suwarman, 2004, “ Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit: PT Ghalia Indonesia, Bogor.

Wiryawan, (2008). Analisis Faktor Faktor yang Menentukan Kinerja Selling-In dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats