PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, NAMA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Eris Dwiyanti, Nurul Qomariah, Wenny Murtalining Tyas

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Rinso pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember, yakni sebesar 555 Mahasiswa. Sampel yang diambil adalah 83 responden dengan tekhnik accidental sampling. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 59,7 % Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh persepsi kualitas, nama merek, dan brand awareness.

 

Kata Kunci: Persepsi kualitas, nama merek, brand awareness, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta

Arif , Rahman, 2010. Strategi DaHXyat Marketing Mix. Jakarta : Trans Media.

Aaker, D. A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. (Edisi 8). jakarta: Salemba Empat.

Bimal, Anjum, Dr, Sukhwinder Kaur Dhanda and Sumeet Nagra, 2012. Impact of Celebrity Endorsed Advertisiments on Consumers. Asia Pacific Journal of Marketing & Management Review. 1 (2): h: 22-33.

Choy, Johnn Yee dan Ng Cheng San, 2011, Consumers’ Perceived Qua-lity, Perceived Value and Perceived Risk Towards Purchase Decision on Automobile American Journal of Economics and Business Administration 3(1): 47-57, 2011

Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi Pertama, Graha Ilmu,Yogyakarta

Firdaus, Firwan F, 2015.PengaruhKesadaran Merek,Persepsi Kualitas,Dan Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung, Semarang : Universitas Diponegoro.

Fahmi. Z, Reza. 2016. Pengaruh Persepsi Kulitas Produk, Kesadaran Merek, Fitur Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Xiaomi di Surabaya. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. : UNDIP, Semarang.

Harmani, 2008. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Di Pasar Turi Baru Surabaya, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Sosial (JEB’s), Vol 8, No 2.

Inayati, Laili, S. Dewi Urip, W, 2017. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 6, No 4.

Kotler, Philip, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012.Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kumalasari, Puti, 2013. Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Brand Equity dan dampaknya pada minat beli konsumen Produk Placement Mie Instan Indomie di Dalam Film 5 cm. Semarang : Universitas Diponegoro.

Lee, G. C & Leh, F. C. Y. 2011. Dimensions of Customer -Based Brand Equity: A Study on Malaysian Brands. Jounal of Marketing Research and Case Study.

Mayasari Lusi, I, 2011.Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Terhadap Kualitas, Nama Merek, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Pakaian Bubuk Attack. Semarang : Universitas Diponegoro.

Moisescu, 2013, The Importance Of Brand Awareness In Consumers’Buying Decision And Perceived Risk Assessment, Babeş-Bolyai Univer-sity OfCluj Napoca,Management and Marketing 7(1), 103-110

Natoradjo, S. 2011. Event Organizer Dasar-Dasar Event Management. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Okta, Ambarini Nurillah, Nurul Qomariah dan Anwar, 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smarthpone Merek Samsung Di Rudy Cell Komplek Mutiara Jember. Jurnal Penelitian Ipteks, jurnalunmuhjember.ac.id.

Prayitno, Duwi, 2010. Paham Analisis Data Statistik Dengan SPSS. Mediakom, Yogyakarta.

Pane ,Oon Boy M S dan Endang Sulistya Rini.2011.” Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian “ Jurnal Ekonom, Vol 14, No 3, Juli tahun 2011.

Radder L. and W. Huang, 2008, ‘High-Involvement and Low-involvement Product : A Comparison of Brand Awareness Among Students at a South African University‟, Journal of Fashion Marketing and Management, Vol.12, No.2.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Setyaji, Wahyu B, 2008, „AnalisisPengaruh Citra Merek, Perceived Quality, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk di Kota Semarang‟,Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Supranto, 2008. Statistik Teori dan Aplikasi. Penerbit Erlangga, Jakarta

Sadat, Andi M, 2009,Brand Belief : Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan, Jakarta : Salemba Empat.

Swastha, Basu. 2010.Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta.

Tambunan, Krystia, 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Resto.Semarang : Universitas Diponegoro

Vranesevic, Tihomir, 2008,The Effect of the Brand on Perceived Quality of Food Products’, British Food Journal, Vol.105, No.11, p.811-825.

Yaseen,Tahira,Gulzar dan Anwar. 2011, Impact of Brand Awareness, Perceived Quality and Customer Loyalty on Brand Profitability and Purchase Intention: A Resellers’ View, Interdiciplinary Joural of Contemporary Research Bussi-ness,Vol 3-8

Valarie A. Zeithaml & Mary Jo Bitner. 2008., Service Marketing. The McGraw Hill Companies, Inc

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/topbrand-result-2016/

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/topbrand-result-2017/




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats