KOMPETENSI SDM DAN BUDAYA ORGANISASI DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF

M. Naely Azhad, Seno Sumowo, Anwar A, Nurul Qomariah

Abstract


Peningkatan mutu makanan  yang dihasilkan UMKM yang ada di Jawa Timur  mendesak untuk segera dilakukan. Peningkatan mutu makanan ini terkait erat dengan keunggulan bersaing UMKM. Jika mutu makanan yang dihasilkan UMKM baik  maka keunggulan bersaing UMKM  akan meningkat. Keunggulan  bersaing  merupakan  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi keberlanjutan  suatu  organisasi.  UMKM   merupakan  salah  satu organisasi  yang  memiliki  tingkat  persaingan  yang  sangat  tinggi  karena sektor makanan ini merupakan sektor yang mempunyai banyak peminat.  Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kompetensi SDM dan penerapan budaya organisasi  terhadap keunggulan bersaing pada UMKM pangan yang ada di Jawa Timur. Populasi penelitian adalah seluruh pimpinan UMKM  yang ada di Jawa Timur yang meliputi 6 kabupaten. Adapun Kabupaten yang menjadi obyek penelitian adalah Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Kabupaten Lumajang dengan jumlah UMKM sebanyak  85.500. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling  untuk setiap kabupaten yang ada. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh  sebanyak 133 UMKM yang menjadi responden.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM Makanan di Jawa Timur dan  budaya organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM Makanan di Jawa Timur.

 

Kata Kunci: keunggulan kompetitif, kompetensi sumber daya manusia, budaya organisasi, UMKM, kinerja

Full Text:

PDF

References


Adiputra, I Putu Pratama dan Kastawan Mandala. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Kapabilitas Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 11, 6090-6119 ISSN : 2302-8912

Abadiyah, Rifdah. 2013.” Analisis Pengaruh Perencanaan Stratejik Terhadap Kinerja Organisasi Dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Industri Kecil Menengah Tas Dan Koper Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo”. Prosiding Call for Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Assegaf dan Wasitowati, 2015. Knowledge Sharing Sebagai Sumber Inovasi dan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Batik. CBAM. Unisula Semarang.

Azhad, M. Naely dan Anwar. 2016. Strategi Peningkatan Kinerja Dosen Berbasis OCB, Motivasi Spiritual Di Kabupaten Jember. Jurnal IOSR India.

Azhad, M. Naely dan Anwar, Nurul Qomariah. 2015. Manajemen Sumberdaya Manusia. CV. Cahaya Ilmu Jember.

Basuki dan Rahmi Widyanti, 2014. Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan. Jurnal Universitas Islam Kalimantan.

Dirgantoro, Crown. 2001. Manajemen Stratejik Konsep, Kasus, dan Implementasi.Grasindo, Jakarta.

Erwansyah, Memed, Sulastini, Hereyant. 2018. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Survey Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Muara Teweh Kabupaten Barito Utara). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Edisi Januari- Juni 2018 Vol 7, No. 1, ISSN 2541-187X

Ghozali, Imam. 2005. “Structural Equation Modeling. Metode Alternative Dengan Partial Least Squares. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jahidi, Idi. 2013. “Persiapkan SDM Berbasis Kompetensi Global”. ASM Ariyanti.

Kamidin, M (2010), “Pengaruh kompetensi terhadap prestasi kerja pegawai sekretariat daerah Kabupaten Bantaeng,” Jurnal Economic Resources, Vol. 11, No. 30, pp. 79-91.

Lukito, Angel Caroline dan Devie. 2015. Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kepuasan Karyawan Pada Perusahaan Kafe Restoran Di Surabaya. Business Accounting Review, Vol. 3, No. 1, Januari 2015: 280-291.

Malayu S.P. Hasibuan, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Ed Revisi 9), Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mathis Robert L dan Jackson John H. 2002. Human Resoursce Management, Alih Bahasa. Jakarta : Salemba Empat.

Pabundu, Tika, 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Cetakan Pertama, PT Bumi Aksara.

Porter, M. E., 1993, Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Erlangga, Jakarta.

Sahyar. 2006. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Proses Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Program Studi Di Pendidikan Tinggi. EKUITAS. ISSN 1411-0393 Akreditasi No.55a/DIKTI/Kep/2006.

Winandi dan Budiono (2009), “Pengaruh iklim kerja, kompensasi dan kompetensi terhadap produktivitas kerja pegawai dan dosen pada STIE-STMIK Insan Pembangunan,” JOCE IP, Vol. 3, No.1, pp. 64-74.

Yuwalliatin, Sitty. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Serta Pengaruhnya Keunggulan Kompetitif Dosen Unisulla Semarang. Jurnal Ekobis. Vol. 7 No. 2

Http://Surabaya.Tribunnews.Com/2013/05/31/Jumlah-Umkm-Di-Jatim-Mencapai-68-Juta.




DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats