DAMPAK TATA KELOLA PERUSAHAAN, TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAN DAN INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

Nurul Qomariah, Ni Nyoman Putu Martini, Hadi Paramu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan, dan  tanggung jawab sosial perusahaan serta intellectual capital  terhadap profitabilitas  pada perusahaan  industry makanan yang tersertifikasi halal yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas  dan variabel terikat. Variabel terikatnya  yaitu variabel profitabilitas. Variabel bebasnya adalah variable tata kelola perusahaan,  tanggung jawab sosial perusahaan dan intellectual capital .  Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan industry makanan yang tersertifikasi halal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel yang memenuhi persyaratan ada 11 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah  analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Tata kelola perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

 

Kata Kunci : tata kelola perusahaan yang baik, tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, modal intelektual

Full Text:

PDF

References


Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia 7th Edition. Jakarta Media Soft Indonesia.

Artisa, Devinta Angelia, Yeterina Nugrahanti, dan Ari Budi Kristanto. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Biaya Operasional Dan Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Tekstil dan Garment yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank.

Brigham, EF and LC Gapenski. 2006. Fundamental of financial management. Jakarta: Salemba Empat.

Candra, Erik. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Leverage Dan Profitabilitas Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Di Indonesia. Jurnal Gema Aktualita. Vol. 4 No. 2, Desember.

Ghozali, Imam. 2006. Structural equation modeling. Metode alternative dengan partial least squares. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu

Iskandar. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Forum Ekonomi; Volume 18 No 1 2016.

Jensen, M.C. and William H. M. (1976). Theory of The Firm : Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3,305-360. Journal Management Governance, 14,145-166 Journal of Business Research, 61,609-614.

Juanda, Rista Elva, Epi Fitriah, dan Yuni RRosdiana. 2016. Pengaruh Intectual Capital Terhadap Profitabilitas (ROA). Prosiding Akuntansi. Vo. 2 No. 1.

Kuspinta, Tuffahati Dhiagriya dan Achmad Husaini. 2018. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 56 No. 1 Maret 2018 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Putra, Agung Santoso dan Nila Firdausi Nuzula, 2017, Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 47 No.1 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Rosdwianti, Mega Karunia, Moch. Dzulkirom AR, dan Zahroh Z.A. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 38 No.2 September 2016 . administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Suhendah. Rousilita. 2012. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas, Produktivitas, Dan Penilaian Pasar Pada Perusahaan Yang Go Public Di Indonesia Pada Tahun 2005-2007. Laporan Penelitian Universitas Tarumanegara.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulum, Ihyaul. 2009. Intelectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Untung, Budi Hendrik. 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats