PEMBERDAYAAN EKONOMI UNTUK MASYARAKAT DI KABUPATEN SAMPANG MELALUI MORAL EKONOMI DAN DERAJAT KEWIRAUSAHAAN

nursaid nursaid

Abstract


Sumber daya laut merupakan potensi utama yang menggerakkan kegiatan perekonomian desa kawasan pantai. Secara umum kegiatan perekonomian yang ada di desa kawasan pantai. Bersifat fluktuatif karena sangat tergantung pada tinggi rendahnya produktifitas perikanan. Jika produktifitas tinggi, maka tingkat penghasilan akan meningkat, sehingga daya beli masyarakat yang sebagian masyarakat juga akan meningkat. Sebaliknya jika produktifitas rendah maka tingkat penghasilan nelayan akan menurun sehingga kondisi demikian mempengaruhi kuat lemahnya kegiatan perekonomian di desa kawasan pantai. Nelayan kecil hanya mampu memanfaatkan sumberdaya di daerah pesisir dengan hasil tangkapan yang cenderung terus menurun akibat persaingan dengan kapal besar dan penurunan mutu sumberdaya pantai. Hasil tangkapan juga mudah rusak sehingga melemahkan posisi tawar mereka dalam transaksi penjualan. Di samping itu, pola hubungan eksploitatif antara pemilik modal dengan buruh dan nelayan, serta usaha nelayan yang bersifat musiman dan tidak menentu menyebabkan masyarakat miskin dikawasan pesisir cenderung sulit untuk keluar dari jerat kemiskinan dan belitan utang pedagang atau pemilik kapal. Selain sumber daya ikan juga terkandung beraneka ragam sumberdaya, baik yang dapat diperbaharui maupun sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui, serta jasa-jasa lingkungan, yang didalam laut maupun diwilayah pesisirnya. Wilayah laut Kabupaten Sampang merupakan salah satu yang memiliki keanekaragaman hayati dan kaya bahan-bahan tambang dan mineral serta potensial bagi pengembangan aktivitas industri, pariwisata, perikanan, pemukiman dan sebagainya. Karena potensi tersebut maka perlu adanya pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di Kabupaten Sampang, melalui moral ekonomi dan derajat kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dari penelitian ini adalah nelayan di Kabupaten Sampang Madura, yang terdiri dari sejumlah 49 nelayan anggota PEMP dan sejumnlah 122 nelayan orang yang sawadana.

Full Text:

PDF

References


Agus, 2001. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Pendapatan Petani–Nelayan Kecil. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Ahmad, Sanusi, 1994. Menelaah Potensi Perguruan Tinggi untuk Membina Program Kewirausahaan dan Mengantar Perirausaha Muda. Makalah seminar. Bndung: KOPMA-IKIP.

Ahmad Sukron, 2013. Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Lingkar Selat Madura. www.infopasuruan. com

Alma, Buchari, 2006. Kewirausahaan. Bandung : Alfabet.

Anaklamuru, 2014. Pengertian Nelayan. https://www.google.co.id/ anak lamuru blogspo.com. definisinelayan-dan-rotasi-alat-tangkap. html

Anonymous. 2002a. Selayang pandang P4K. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Departemen Pertanian Jakarta.

Anonymous, 2002. Seri panduan Pemberdayaan Kelompok Nelayan Kecil. Badan Pengembangan SDM Pertanian. Departemen Pertanian Jakarta.

Aryani, Florida. 1994. Analisis Curahan Kerja dan Kontribusi Penerimaan Keluarga Nelayan dalam Kegiatan Ekonomi di Desa Pantai Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Aris Kabul Pranoto, 2006. Implementasi Kebijakan Publik Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Humas Direktorat Jenderal Kelautan. Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Jakarta.

Asri, 2000, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Perikanan Laut (Studi Kasus Kapal Motor di Kota Padang) Thesis, Padang Unand.

Badan Pusat Statistik (BPJS), 2004. Data Program Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia BPJS Pusat Jakarta.

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan Jakarta, 2007. Sosial Budaya Masyarakat Nelayan Konsep dan Indikator Pemberdayaan. Departemen Kelautan dan Perikanan.Jakarta.

Bennet, H.W., 1987. The Ecological Transition: Culture and Human Adaptation. New York: Pergamnom Press Inc.

Borba, Michele. 2008. Building Moral Intelligence: The Seven Essential Virtues That Teach Kids to Do the Right Thing. San Fransisco: JosseyBass.

Brooke Nolan, 2011. Ekonomi Politik Masyarakat Nelayan Skala Kecil: Sebuah Studi Perbandingan Masyarakat Pendatang di Rote Ndao dan Jawa Timur. Australian Consortium for In Country Indonesia Studies (ACICIS), Januari 2011.

Dahuri, Rokhmin, 2010. Pendayagunaan Sumber Daya Kelautan Untuk Kesejahteraan Rakyat, Jakarta: LISPI.

Darmadi,2007, Perilaku Petani Terhadap Resiko pada Usahatani Lombok di Kecamatan Cangkringan Sleman. Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.

Davis, Keith dan Jhon W. Newstrom, 2008, Perilaku Dalam Organisasi, Alih Bahasa Agus Dharma, Jakarta: Erlangga.

Fariyati, 2008. Perilaku Ekonomi Masyarakat Nelayan dan Peranan Pemerintah Daerah. https://www. google.co.id/Mudhofi.blogspot.com

Firdiyanti, Indah, 2003. Respon Petani Terhadap Proyek Pembinaan Peningkatan Pendapatan Nelayan Kecil, Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya Malang.

https://www.google.co.id/id/id.wikipedia. orgNelayan&ei=miw/Nelayan,2004

https://www.google.co.id/id/id.wikipedia. orgMoralitas&ei=miw/Moral,2004

Istiqlaliyah Muflikhati, Hartoyo, Ujang Sumarwan, Achmad Fahrudin. Dan Herien Puspitawati, 2010. Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga: Kasus di Wilayah Pesisir Jawa Barat. http://www.google.co.id/id.Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga.org Nelayan&ei-miw/2010.

Jhingan, ML, 2000. The Economic Of Development And Planning Terjemahan D. Gurutno Jakarta: Raja Gravindo, Jakarta

Kao, Tan,2001. Enterpreneurial Context and Behaviour in SMEs: An Investigation of Two Contrasting Manufacturing Firms. International Journal Of Enterpreneurial Behavior & Research Vol.4 No. 2,88-100

Kirzner, IM, 2001, Enterpremership in A Free Market Economy HTTP:// www.cfe.org/English Public/view 18 htm

Kurnadi,2002. Penyuluhan Pertanian Teori dan Terapan. Universitas Brawijaya Malang.

......, 1997, Diverisikasi Pekerjaan di Kalangan Nelayan. LP3ES. Jakarta.

.......,2000, Nelayan: Strategi Adaptasi dan Jaringan Sosial. Humaniora Utama Press Bandung.pp.244.

......,2012. Konflik Sosial Nelayan: Kemiskinan dan Perebutan Sumberdaya Perikanan Penerbit LKIS. Yogyakarta.pp.190

Lambing, Peggy dan Charles R Kueshi.,2004, The Enterpreneurship. Second Edition. Prentice Hall, Inc, New Jersey, USA.

Lee, Don Y. dan Eric WK Tsang.,2001. The effect of Entrepreneurship. Second Edition. Prentice Hall. Inc. New Jersey, USA.

Lee, Don Y. dan Eric WK Tsang., 2001, The effect of Entrepeneurial, Bacground and Network Activities on Venture Growth. Journal Of Management Studies Vol.38 No. 4,583-602.

Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore dan J. William Petty.,2011, Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Masri, 2010. Identifikasi Karakteristik Sosial, Ekonomi, dan Budaya Masyarakat Nelayan Sungai Limau di Kabupaten Padang Pariaman dalam Penyediaan Perumahan Permukiman. Disertasi Universitas Diponegoro Semarang.

McClelland, David., 2006, Entrepreneur Behavior and Caharacteristic of Entrepreneurs. The Achieving Society.

Mintaroem, 2001. Aspek Sosial Budaya Pada Kehidupan Ekonomi Masyarakat Nelayan Tradisional (Studi pada Masyarakat Nelayan Tradisional di Desa Bandaran, Pamekasan. Jurnal studi Indonesia, Vol.11, No. 2 September 2001. Pp. 27-65)

Mubyarto, A.T., 2005, 2007. Nelayan dan Kemiskinan. Rajawali Jakarta.

Mudhofi, 2010. Kajian Sosial Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Kecil Di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. https:// www.google.co.id/Mudhofi.blog spot.com, Kajian Sosial Ekonomi Rumah Tangga Nelayan.html/ 2010/04/

Mulyadi S., 2007. Ekonomi Kelautan. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Nawawi. H., 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif Cetakan kelima, Yogyakarta: Gajah Mada University.

Nazmar, Eyviet, 2014. Upaya Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Skala Kecil Dengan Memanfaatkan Waktu Luang di Luar Penangkapan Ikan (Off-Fishing) di Kota Padang. http://www.google.co.id/id.Upaya Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Nelayan.org Nelayan&ei= miw/2014.

Nuthall, P.L, 2001, Managerial Ability – A Review of Its Basis and Potetial Improvement Using Psychological Concepts. Agricultural Economic 24,247-262.

Ohlmer, Bo, Kent Olson dan Berndt Brehmer, 1998, Understanding Improving Manajerial Assistance. Agriculture Economis, 18, 273-290.

Orser, BarbaraJ., Sandy Hogarth-Scott dan Allan L. Ridding, 2000, Performance Firm Size and Management Problem Solving, Journal of Small Business Management.

Prayitno, 2001. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Pantai Akibat Perubahan Ekosistem Pantai. Studi Kasus di Kawasan Segoro Anakan, Cilacap. Program Pasca Sarjana, Program Studi Perencanaan Kota dan Daerah. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Riyanti, Benecdita PD., 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Robert, Nelson, 2001. Economics as Religion, New York: Pergamnom Press Inc

Saidin, O.K., 2001. Pemberdayaan Masyarakat Desa Pantai dan Peranan Pemerintah Daerah. Pasper. Medan

Satrio, Arif, 2004. Menanti Gebrakan Kelautan ala SBY. Kompas. Jakarta.

Sahari, Ishak, 1990. Ekonomi Nelayan: Pengumpulan Modal, Perubahan Teknologi dan Pembesaran Ekonomi Kuala Lumpur.

Scoot, James C., 1983. Moral Ekonomi Petani: Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara Penerbit LP3ES, Jakarta.

Seyoum, E.T, G.E. Battee dan E.M Fleming, 1998, Technical Efficiency and Productivity of Maize Producers is Eastern Ethiopia: a Study of Farmers within and outside The Sasakawa-Global 2000 Project, Agriculture Economic 19:341-348.

Septi Rindawati, 2012. Strategi Peningkatan Masyarakat Nelayan di Kota Bengkulu Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol 2 No. 3 Sept 2012.

Steven R Tabor dan Boediono, 2005. Strategi Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia Akper. Medan: 13 Juni 2005.

Solihin, Akhmad, 2012. “Musim Paceklik Nelayan dan Jaminan Sosial”

Sudrjat, Ihwan, 2002. “Membangkitkan Kekuatan Ekonomi Nelayan” Suara Merdeka, 13 Desember 2002.

Sudrajat, Ihwan, 2006 “Separuh Penduduk Masih Rentan Menjadi Miskin” Kompas, 8 Desember 2006, halaman I.

Sudarto, Totok, 2009. Moral Ekonomi Sebuah Pendekatan Untuk Memahami dan Mempraktikkan Etika Ekonomi. Insan Cendekiawan. Surabaya.

Suryana, 2001. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba

Tri. Joko, Sri Hayono, 2005. Strategi Kelangsungan Hidup Nelayan Studi Tentang Diversifikasi Pekerjaan Keluarga Nelayan. Jurnal Berkala Ilmiah Kependudukan. Vol.7 No.2 Juli-Desember 2005.

Trisni. Andayani, 2013. Perubahan Peranan Wanita Dalam Ekonomi Keluarga Nelayan di Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang https:// www.google.co.id/Trisni Andayani. blogspot.com.

Zeller, Manfred, Aliou Diagne dan Charles Mataya, 1998. Market Access by Smallholder Farmer in Malawi: Implicationfor Technology Adaption, Agriculture Productivity and Crop Income. Agriculture Ekonomi 19:219-229




DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v6i2.1638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats