PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH AKUNTANSI KEPERILAKUAN

Ade Puspito, Rudi Kusubagio, Nurul Qomariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah akuntansi keperilakuan  pada mahasiswa  Prodi Akuntansi di Jawa Timur. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas  dan variabel terikat. Variabel terikatnya  yaitu variabel pemahaman mata kuliah akuntansi keperilakuan. Sedangkan variabel bebasnya adalah variabel kecerdasan emosional, motivasi belajar dan kecerdasan spiritual. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi  Akuntansi di Jawa Timur yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keperilakuan. Dengan jumlah sampel sebanyak 155 mahasiswa yang tersebar di 22 perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Metode analisis data yang digunakan adalah  analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap terhadap pemahaman mata kuliah akuntansi keperilakuan  pada mahasiswa  Prodi Akuntansi di Jawa Timur. Sedangkan variable motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap pemahaman mata kuliah akuntansi keperilakuan  pada mahasiswa  Prodi Akuntansi di Jawa Timur.

Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi belajar, kecerdasan spiritual, pemahaman mata kuliah akuntansi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ:Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: ArgaWijayaPersada.

Evytasari, Aditya Anggraeni. 2010. “Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi Dan Minata Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur)”.Skripsi.Juli 2010.

Daud, Firdaus, 2012.” Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo”.JurnalPendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012.

Hanum, Shieva. 2011. “ Pengaruh Atribut Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi STIA Perbanas Surabaya”.Skripsi.19 Juli 1989.

Hayuningsih, Apriana. 2013. “ Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UPN Veteran Jatim Jurusan Akuntansi”.Skripsi.5.Juni 2013.

Ika, Desi. 2011. “ Pengaruh Kecerdasan Emotional, dan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Dipandang Dari Segi Gender (Studi Pada Perguruan Tinggi di Kota Medan)”. Jurnal Keuangan dan Bisnis.Vol. 3. No. 2. Juli 2011.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, Daniel, 2006. Working with Emotional Intelligence (Terjemahan Alex Kantjono W). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nugraha, Aditya Prima. 2013. “ Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”.Skripsi.22.Mei 2013.

Parauba, Inriawati. 2013. “ Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado”.Laporan Penelitian.2013.

Sahara, Masyitah As. 2014. “ Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi”.Laporan Penelitian.2014.

Suartana, I Wayan.(2010). Akuntansi Keperilakuan.Penerbit ANDI, Yogyakarta

Subini, et al. 2012.Psikologi Pembelajaran. Mentari Pustaka, Jakarta.

Weisinger, H., 2006, “Emosional Intelligence at Work: Pemandu Pikiran danPerilaku Anda Untuk Meraih Kesuksesan”, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Wibowo, Dan Apriani Widya Putri.2011. “Studi Atas Pelaksanaan Metode PBL Dan Konvensional Dalam Hubungannya Dengan Peningkatan Prestasi Dan Softskill Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti”.Jurnal Informasi,Perpajakan,Akuntansi Dan Keuangan Publik.Vol.6.No.2,Juli 2011.

Yuniani, Anggun. 2010. “ Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”.Skripsi.20.September 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.