DAMPAK RELATIONSHIP MARKETING, KEPERCAYAAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Hisyam Zaini, Yusron Rozzaid, Nurul Qomariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan  terhadap kepuasan nasabah pada Perbankan Syariah yang di Kabupaten Jember. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas  dan variabel terikat. Variabel terikatnyanya  yaitu variabel kepuasan nasabah. Sedangkan variabel bebasnya adalah variabel relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah yang menabung di perbankkan syariah yang ada di Kabupaten Jember yang meliputi Bank Muamalat Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Bank Mega Syariah, Bank BNI Syariah. Jumlah sampel penelitian sebanyak 150 nasabah dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah  analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan berpengaruh  terhadap kepuasan nasabah pada Perbankan Syariah yang di Kabupaten Jember.

 

Kata Kunci: hubungan pemasaran, kepercayaan, nilai pelanggan, kepuasan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aladdin, Marangga. 2013. “ Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Sebagai Variabel Intervening (Stufi Kasus Pada Bank BPD DIY Syariah Yogyakarta)”.Skripsi.2013.

Arikunto, Suharsini. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi Gusti Ayu P, Yasa Nyi Nyoman, Dan Sukaatmadja. 2014. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT BPR HOKI Di Kabupaten Tabanan”.Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.2014.

Gardenia, Yulisa. 2013. “ Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank”. Skripsi. 2002.

Haldiansyah, Yan. 2010. “ Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Travel Rosalia Indah Surabaya”. Skripsi.Juni 2010.

Hasan, Fitriani Dayasari. 2012. “ Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,Cabang Achmad Yani Makassar”. 2012.

Isnadi, Didik. 2005. “Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah Dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah”.2005.

Larasati, Veronica Dan Amelia/Ronald Suryaputra. 2013. “ Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Coffe Toffe Jatim Expo Di Surabaya”. Jurnal Gema Aktualita. Vol.2.No.2.Des.2013.

Mashariono, Dan Hening Widi Oetomo. 2003. “ Analisis Nilai Pelanggan Yang Mempengaruhi Loyalitas (Studi Kasus Pada Bank KBPR Jetis Ponorogo)”.Jurnal. 2003.

Palilati, Alida. 2007. “ Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Perbankan”. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.9.No.1.Maret 2007:73-81.

Prabowo, Budi. 2008. “ Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada PT.Astra Surabaya”. Jurnal Ilmu – Ilmu Sosial. Vol.8.No.2.Okt 2008:92-97.

Putra, Arya Maman Dan Suryono Budi Santosa. 2012.“ Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.BCA Cabang Kanjengan Semarang”.

Prasetyo, Widiyanto Bangun, 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Swalayan Luwes Purwodadi”. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan. 2012.

Kotler, Philip &, Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 Edisi Indonesia, Jakarta: Prehalindo

Kotler, Philip, & Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2, Jakarta: Prehalindo.

Rizkiyani, Novi. 2013. “Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening”.Skripsi.Mei 2013.

Saada, Naila Bidayati. 2014. “ Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Komitmen Dan Promosi Terhadap Loyalitas Anggota (Studi Kasus Pada Anggota Pembiayaan Di BMT Batik Mataram”.Skripsi.3 Okt 2014.

Silmi, Sulhilda.2012 “ Persepsi Nasabah Tentang Relationship Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas (Studi Pada Nasabah Tabungan Utama PT.Bank Mega Syariah Cabang Malang)”. Skripsi.

Sumardiningsih, Sri. Wawan Sundawan Dan Lies Endarwati. 2012. “ Pengaruh Dimensi Banking Service Quality (BSQ) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank”.Jurnal Economia.Vol.8.No.2.Okt 2012.

Sugiono, 2007, “ Metode Penelitian Bisnis”, Penerbit Alfabeta, Bandung

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Eedisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Qomariah, Nurul. 2017. Impact of Customer Value, Brand Image and Product Attributes to Satisfaction and Loyalty Tourism Visitors in Jember Regency. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 8 No. 5 S1. September. ISSN 2039-2117 (online) ISSN 2039-9340 (print).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.