PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP ABNORMAL RETURN

Debbi Fauziah Ulfah, Hadi Paramu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan (current ratio, inventory turnover, debt to asset ratio, return on equity, market to book value of equity, dan harga saham pada waktu lalu) dan kebijakan dividen (dividend payout ratio) terhadap abnormal return pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian adalah 16 perusahaan makanan dan minuman.  Sebanyak 13 perusahaan terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Return On Equity berpengaruh positif signifikan terhadap abnormal return, (b) harga saham pada waktu lalu berpengaruh negatif signifikan terhadap abnormal return, (c) Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap abnormal return, dan (d) Inventory Turnover, Debt to Asset Ratio, Market to Book Value of Equity, dan Dividend Payout Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap abnormal return.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Kebijakan Dividen, Abnormal Return, Sub Sektor Makanan dan Minuman

References


Agus Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Alisa Rosida. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Reaksi Investor. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4 (8): 1-23.

Ambar Rahayu. 2011. “Pengaruh Debt To Equity (DER), Return On Equity (ROE), Dividend Payout Ratio (DPR) Dan Price To Earning Ratio (PER) Terhadap Return Saham Pada Perushaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel F,. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1. Edisi 11. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. 2010. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar N dan Porter, Dawn C. Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi kelima. Terjemahan oleh Eugenia Mardanugraha, Sita Wardhani dan Carlos Mangunsong. 2015. Jakarta: Salemba Empat.

Gujarati, Damodar. Ekonometrika Dasar. Terjemahan oleh Dra. Ak. Sumarno Zain. 2000. Jakarta: Erlangga.

Harmono. 2009. Manajemen Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnan Suad. 2005. Dasar-Dasar Teori Portofolio Dan Analisis Sekuritas. Edisi kelima. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

IDX. 2017. Data Laporan Keuangan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx. [Diakses pada 1 Maret 2017]

Ira Septa Ningrum. 2016. “Analisis Fundamental Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Irham Fahmi. 2014. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto M. Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ketujuh. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemenperin. 2017. Data Laporan Kinerja Industri Tahunan. http://www.kemenperin.go.id/kinerja-industri. [Diakses pada 21 Maret 2017]

Megawati Cheng dan Yulius Jogi Christiawan. 2011. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 13 (1): 24-36.

Michael Aldo Carlo. 2014. Pengaruh Return On Equity, Dividend Payout Ratio Dan Price to Earnings Ratio Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7 (1): 150-164.

Suwarno. 2007. Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Leverage, Return On Investment dan Return On Equity Terhadap Abnormal Return. Jurnal Beta, 6 (1): 71-75.

Syahri Alhusin. 2003. Aplikasi Statistik Praktis dengan Menggunakan SPSS.10 For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tony S. Chendrawan. 2012. Pengaruh Likuiditas, Earning Growth, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Abnormal Return Saham Indeks LQ 45. Jurnal Manajerial, 11 (21): 48-67.

Van Horne, James C. 1988. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jilid dua. Terjemahan oleh Marianus Sinaga. 1994. Jakarta: Erlangga.

Walsh, Ciaran. 2003. Key Management Ratios. Edisi ketiga. Terjemahan oleh Shalahuddin Haikal. Jakarta: Erlangga.

Weston, J. Fred dan Brigham, Eugene F. 1991. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Terjemahan oleh A.Q. Khalid. Jakarta: Erlangga.

Yuliatin Nur Hasanah. 2016. “Pengaruh Faktor Fundamental Dan Teknikal Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014”. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v7i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats