ANALISIS PENGARUH KOMITMEN PEGAWAI KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU ANGGOTA ORGANISASI (OCB) PEGAWAI RSUD SOGATEN KOTA MADIUN

Srimiatun Srimiatun, Muhammad Taali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen pegawai, kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap perilaku anggota organisasi pada pegawai RSUD Sogaten  Madiun . Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai RSUD Sogaten  Madiun yang berjumlah 106 pegawai. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 80 pegawai negeri sipil pada RSUD Sogaten  Madiun. Analisis data menggunakan uji validitas dan dan uji reliabilitas data, regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen pegawai berpengaruh terhaap OCB, kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap variabel OCB, kepemimpinan trasnformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel OCB PNS di RSUD Sogaten, dan variable kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap OCB.

 

Kata Kunci : komitmen pegawai, kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, kepuasan dan OCB

References


Arikunto, Suharsimi, 1991. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin, 1995. Sikap Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bass, B.M., 1990. From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision, Organization Dynamics, Academy of Management Journal, Vol.18, 19-31.

Bass, B.M.,dan Avolio B.J, 1990. Transformational Leadership Development, California: Conculting Psycologists Press.

Bycio, P., Hackett R.D.,dan Allen J.S, 1995. Further Assesments Bass’s ( 1985 ) Conceptualization of Transactional and Transformational Leadership, Journal of Applied Psychology, Vol.80, 468-478

Dyne, L.V., Graham J.W, dan Dienesch R.M, 1994. Organizational Citizenship Behavior: Construct Redefinition, Measurement and Validation, Academy of Management Journal, Vol. 37, No. 4, 765-802.

Dyne, L.V., dan Soon Ang, 1998. Organizational Citizenship Behavior of Contingent Workers in Singapore, Academy of Management Journal, Vol. 41, No. 6,692-703.

Farkas, A.J., dan Tettrick, L.E., 1989. AThree-Wove Longitudinal Analysis of Turnover Decision, Journal of Applied Psycology, Vol. 74, No. 6, 855-868.

Ferdinand, A, 2002. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Semarang: BP UNDIP.

Gibson, Ivancevich dan Donnelly, 1997. Organisation, behavior, Structure, Processes 9 Edition, Boston: Richard D. Irwin Inc.

Greenberg, J dan Baron, R. A. 1997. Behavior in Organisation: Understanding Managing The Human Side of Work, Edisi 5, Prentice Hall International Edition.

Greenberg, J dan Baron, R. A. 1993. Behavior in Organizations : Understanding The Human Side of Work (third edition). Allyn & Bacon, USA.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handoko,H., dan Tjiptono, F., 1992. Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan, Jakarta: JEBI

Hadi, Sutrisno, 2002. Uji Instrumen Penelitian, Jakarta: Pustaka Cahaya.

Handoko, H, 1995. Manajemen, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE UGM.

Hughes, Ginnett dan Curphy, 1998. Leadership: Enhancing the Lesson of Experience, MC-Graw Hill.

Jung, D.I.,dan Avolio, B.J, 1999.Effects of Leadership Style and Followers cultural Orientation on Performance in Group and Individual Task Conditions, Academy of Management Journal, Vol. 42, No. 2, 208-218.

Kabul, W.U, 2001. Kecenderungan Kepemimpinan Transaksional dan transformasional dan hubungannya dengan OCB, Komitmen dan Kepuasan Kerja ( studi pada kantor Pemerintah daerah tingkat II Kabupaten Kebumen ), Tesis UGM, Tidak dipublikasikan.

Lum, L., Kervin J., Clark K, Reid F, dan Sirola W., 1998. Explaning Nursing Turnover Intent: job satisfaction, pay satisfaction, or Organizational Comitment?, Journal of Organizational Bahavioar, Vol. 19, 305-320

Luthans, Fred, 1998. Organizational Behavior, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill.

Mathieu, J.E., 1991. A Cross level Non recursive Model of the Antecedents of Organizational Commitment and Satisfaction, Journal of Applied Psychology, Vol. 76, No. 5, 607-618.

Mayer, J. P., Allen N. J dan Gelatly I. R., 1990. Affective dan Continuance Comitment to Organizational: Evaluation of Measures and Analysis of Concurent and Time- Lagged Relations. Journal of Applied Psicology, Vol. 75, 710-720

Minner, J. B., 1998. Organizational Behavior, Performance and Productivity, New York: Random Hause, Inc.

Morrison, E.W., 1994. Role definition and Organizational citizenship Behavior: the importance of the employe’s perpective, Academy of Management Journal, Vol. 37, 1543-1567.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta

Robbin, S.P, 2000, Managing Today. Prentice Hall.

Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo, Jakarta

Sevilla, C. et al., 1993. Pengantar Metode Penelitian diterjemahkan oleh Almudin Tuwo, Jakarta: UI Press.

Singarimbun, M., dan Sofian Efendi, 1989. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian, Cetakan Kelima, Penerbit Alphabetta, Bandung.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta

Toha , M., 1995. Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.

Yukl, G. A., 1998. Leadership in Organizations 4 Edition, New York: Upper Saddle River, Prince Hall.

Wexley, N.,Kenneth dan G.A. Yukl, 1997. Perilaku Organisasi dan Psikologi Organisasi edisi terjemahan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksono, Setiawan. 2006. Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya Kualitas (Studi Pada PT. Hari Terang Industry - Surabaya ). Tesis Prodi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang. http://damandiri.online. download: December 18, 2008.




DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v7i1.1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats