KONSEP MEMBANGUN APLIKASI FRONT END BERBASIS WEB APPML (APPLICATION MODELING LANGUAGE)

Joko Triyono, Prita Haryani

Abstract


Teknologi web akhir-akhir ini berkembang sangat pesat, setelah HTML 5 di luncurkan, maka terjadi banyak perubahan dalam teknik pemrograman berbasis web, APPML (Application Modeling Language) merupakan salah satu teknik pemrograman yang berbasis pada HTML5. Semakin banyak web di bangun maka akan semakin banyak pula data beredar di dunia maya. Dan mau tidak mau, sebuah informasi akan menjadi referensi bagi informasi yang lain dan begitu seterusnya sehingga informasi akan menjadi sebuah mata rantai yang saling kait mengkait satu sama lain. Walaupun sistem informasi telah online selama 24 jam dan bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet tetapi akan menjadi tidak efektif dan efisien jika harus mengunjungi masing-masing sistem informasi yang ada untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Maka diperlukan sebuah metode atau teknik dalam membangun aplikasi front end dengan melakukan koleksi data dari berbagai sumber sistem informasi yang relevan, dengan menanamkan service server dan service client sebagai penghubung antar sistem dengan dukungan JSON, XML. Dengan teknik APPML (Application Modeling Language) yang diterapkan pada sebuah aplikasi front end berbasis html 5 tanpa melakukan koneksi database secara langsung, tetapi cukup memanggil service berbasis JSON maka akan di peroleh data atau informasi yang dibutuhkan tanpa harus mengunjungi sistem informasi yang ada secara langsung.

Keywords: appml, json, service, xml

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


dari w3schools.com: https://www.w3schools.com/appml/appml_architecture.asp , diakses 05 April 2017.

AppML Tutorial. 2017. w3schools.com: https://www.w3schools.com/appml/default.asp, diakses 05 April 2017.

Haryani, P. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pemerintah Kota Yogyakarta Dengan Metode E-GovQual Modifikasi. Simposium Nasional Ke-15 RAPI 2016. Hal. 379-386. Surakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mangal, M. & Dubey, M. 2015. AppML : An Idea of Mordern Web Development. International Journal Of Engineering & Computer Science (IJECS). P. 11761-11764.

Saputro, G. A. Hamzah, A. & Triyono, J. 2013. Sistem Informasi Pengolahan Data Rumah Kos Menggunakan Framework Codeigniter Di Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Jurnal Script.

Susanti, E. & Triyono, J. 2016. Prototype Alat IoT (Internet Of Things) untuk Pengendali dan Pemantau Kendaraan Secara Realtime. Simposium Nasional RAPI XV 2016.

Triyono, J. 2015. Sistem Informasi Agroteknologi Berbasis Web Dan Jejaring Sosial Twitter. Seminar Nasional IENACO. P. 205-212.