RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PARIWISATA KOTA PURWOKERTO BERBASIS GOOGLE MAPS

Muhammad Sholeh, Dimas Kartiko Aji

Abstract


Industri wisata saat ini menjadi salah satu daya tarik pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan majunya daerah wisata diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, khususnya masyarakat di sekitar daerah wisata. Agar informasi suatu kawasan wisata dapat tersebar di masyarakat perlu adanya staregi pemasaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk pemasarkan suatu lokasi wisata adalah dengan mengoptimalkan internet.
Informasi yang disajikan dalam suatu website tidak sekedar informasi teks, gambar atau video. Kelengkapan website saat ini yang dapat menjadi daya tarik untuk mengakses website adalah adanya informasi berbasis geografis. Dengan sistem informasi geografis, informasi yang ditampilkan dapat menginformasikan suatu wilayah wisata dengan peta. Dengan sistem ini pengguna mendapatkan informasi peta menuju lokasi, rute yang dilalui serta perkiraan waktu dan jarak tempuh.
Sistem informasi wisata kota Purwokerto yang dibangun sudah mengimplementasikan Google Maps untuk menampilkan informasi berbasis peta. Aplikasi dibangun dengan menggunakan pemrograman PHP dan basis data menggunakan MYSQL

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BPS. (2016). Statistik Daerah Kabupaten Banyumas. Banyumas: BPS Kabupaten Banyumas.

Dincer, A. (2013). Google Maps JavaScript API Cookbook. Birmingham: Packt Publishing.

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembang Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.

Kusuma, M. E. (2015). Aplikasi Google Maps API Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG). GEOID Vol. 10, No. 02, Februari 2015, 10(2), 129-136.

Movable. (2013, Okttober 9). Calculate distance, bearing and more between Latitude/Longitude points. Retrieved Oktober 9, 2013, from http://www.movable-type.co.uk/scripts/latlong.html.

Samas, M. A. (2012). Sitem Informasi Geografis Pemilihan Komoditas Unggulan Pertanian Berdasarkan Zona Agreokologi di Kabupaten Batang. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Sholeh, M. (2015). Desain dan Implementasi Sistem informasi Wisata Goa berbasis Google Map. SIMETRIS, 30-38.

Sianipar, R. H. (2016). Pemrograman Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Svennerberg, G. (2016). Beginning Google Maps API 3. New York: Apress.

Tohari, H. (2014). Astah- Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.