PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BEI PERIODE 2016-2019

Nafiya Ayu Kusumawardani, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh variabel Independen Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap variabel dependen yaitu perubahan laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Populasi penelitian ini meliputi perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Alat analisis penelitian ini menggunakan Regresi Data Panel Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diolah menggunakan sofware E-Views 9.0. Tingkat signifikasi yang digunakan sebesar 0,05. Sementara itu, alat uji yang digunakan untuk menguji kelayakan model regresi adalah uji asumsi klasik (normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastistas) dan untuk pengujian hipotesis menggunakan koefiesien determinasi,uji-t, dan uji-f. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukan bahwa CR, DER, dan NPM berpengaruh secara signifikan secara bersamaan terhadap perubahan laba. Adapun CR dan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan laba, sedangkan NPM berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perubahan laba.


Keywords


CR, DER, NPM, Perubahan Laba

Full Text:

PDF

References


Eksandy, A. (2018). METODE PENELITIAN AKUNTANSI DAN MANAJEMEN (M. Z. Hakim (ed.)). FEB UMT.

Silviana, R. N. F. A. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Perubahan Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi

.

Pangkong, C. M., Lambey, L., &Afandi, D. (2017). Dampak Rasio Aktivitas Dan Rasio Likuiditas Terhadap Perubahan Laba Berbasis Fair Value (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal EMBA.

Teguh Prasetyo, E., &Rizqi, E. (2019). Analisis Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Perubahan Laba Pada PT. Global Mediacom, Tbk. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM).

Wardhani, F. A. K. (2019). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba dan Cash Flow Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2016. JURNAL AKUNTANSI. https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i1.219

Budi Haryoko, U. (2020). Pengaruh Current Ratio (Rasio Lancar) dan Debt To Total Assets Ratio (Rasio Utang) Terhadap Perubahan Laba (Keuntungan) Pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk Periode 2012-2016. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p92-103

Natalia, E. Y. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Jurnal EMA. https://doi.org/10.47335/ema.v2i1.11.

Manurung, C. S., & Silalahi, E. R. R. (2016). Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi PerubahanLaba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jrak.

Vargo Christian L, T. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Perputaran Persediaan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Barelang.

Catur Setia Nugraha. (2017). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Total Assets Turnover (TATO), dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2013-2015. Artikel Skripsi.

Amalia Nur, C., & Daniel Kartika, A. (2017). Pengaruh Total Asset Turnover (TATO), Return On Asset (ROA), Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Sektor Otomotif Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2015. Jurnal STIE Semarang.

Dina Rohmatin. (2017). Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Gross Profit Margin (GPM), Return On Equity (ROE) Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Artikel Skripsi. Simki-Economic.

Bursa Efek Indonesia. (n.d). https://doi.org/www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nafiya Ayu Kusumawardani, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0