Pengaruh Size, Leverage, Dan Earning Power Terhadap Manajemen Laba

Aida Nancy, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Abbas

Abstract


Salah satu parameter penting dalam mengukur kinerja manajemen adalah laba. Untuk menunjukan prestasi perusahaan dalam menghasilkan laba, manajemen cenderung mengelola laba secara oportunis dan melakukan manipulasi laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, earnings power (EP), dan leverage terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Ukuran perusahaan dihitung menggunakan total aset dan earnings power diproksi menggunakan net profit margin (NPM). Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan sektor property dan real estate dari tahun 2017 sampai dengan 2019. Hasil analisis menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan, berpengaruh terhadap Manajemen Laba.

Keywords


Ukuran Perusahaan, Earnings Power, Leverage, Manajemen Laba

Full Text:

PDF

References


Hastuti, Sri. 2011. Titik Kritis Manajemen

Laba pada Perubahan Tahap Life Cycle Perusahaan. Prosiding, Simposium Nasional Akuntansi Aceh 21-22 Juli 2011

Nastiti, A. S. dan Tatang, A. G. 2011. Kualitas audit dan Manajemen Laba pada Initial Public Offerings di Indonesia, Prosiding, Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh, 21 – 22 Juli 2011

Henny Medyawati, Astri Sri Dayanti, Pengaruh Size terhadap manajemen laba: Analisi Data Panel

Santhi Yuliana Sosiawan, Pengaruh Earning Power, Size dan Kompensasi terhadap Manajemen Laba

Bursa Efek Indonesia selama periode 2017 sampai dengan 2019; 2)

Widyaningdyah, A. U. 2001. Analisis FaktorFaktor Yang Berpengaruh Terhadap Earnings Management pada Perusahaan Go Publik di Indonesia. Jurnal Akuntansi Keuangan.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aida Nancy, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0