Transfer Knowledge Dosen Akuntansi Pada Masa Pandemi

Nur Ravita Hanun, Aisha Hanif, Muhammad Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris : 1) Peran IT 2) Pengaruh proses pembelajaran akuntansi 3) Respon Institusi atas Covid-19 terhadap  Kinerja Mengajar dosen Akuntansi Dengan Transfer Knowledge  Sebagai Variabel Intervening, yang terdiri dari tiga variabel bebas yaitu Peran IT(X1), Proses Pembelajaran Akuntansi (X2), Respon Institusi atas Covid-19  (X3) dengan variabel terikat Kinerja Mengajar Dosen Akuntansi (Y), dan variabel intervening Transfer Knowledge (Z).

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jawaban kuesioner yang di sebarkan  kepada Bapak / Ibu Dosen Akuntansi Se-Indonesia. Kuesinoner disebarkan melalui link geogle from, responden yang mengisi berjumlah 124 Orang. Teknik analisis menggunakan data yang meliputi outer model, inner model dan analisis jalur dengan program Smart PLS 3.0.

Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran akuntansi dan respon institusi atas covid-19 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar dosen akuntansi dan dimediasi oleh transfer knowledge


Keywords


Proses Pembelajaran Akuntansi, Respon Institusi, Transfer Knowledge, Kinerja Mengajar

Full Text:

PDF

References


Antoro, D. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Komitmen Manajemen Puncak terhadap Transfer Knowledge dan Dampaknya terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 21(2).

Daryanto, A. (2007). Kebijakan Riset Industri Di Indonesia: Stagnasi, Tantangan dan Peluang, National Conference Research and Technology Policy in Indonesia: Challenge, Stagnancy and Opportunity. UNPAR, Bandung.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative.

Irawati, D. (2006). Understanding The Triple Helix Model from The Perspective of the Developing Country: A Demand or A Challange for Indonesian Case Study?

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. Oxford university press.

Profetto, J. (2004). Knowledge transfer: what it is and what it takes to do it best. Water Cooler Presentation.

Rahadi, D. R. (2007). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan di sektor publik. Seminar Nasional Teknologi, 2007, 1–13.

Sahyar, S. (2009). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Program Studi di Pendidikan Tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 13(3), 308–325.

Windarti, W., & Sukmawati, A. (2011). Faktor-Faktor Kunci Kesuksesan Implementasi Manajemen Pengetahuan pada PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 2(1), 13–26.

Zepiliana, W. E., Sufian, S., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Budaya Akademik Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kinerja Jurusan/Program Studi Di Universitas Diponegoro. Diponegoro University.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Ravita Hanun, Aisha Hanif, Muhammad Yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0