Pengaruh Ukuran Perusahaan,Net Profit Margin,Likuiditas,Profitabilitas Dan Finance Leverage Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2018

Melin Dwi Pertiwi, Nurfaizah Nurfaizah, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Laporan keuangan sering terpusat pada informasi laba tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba usaha. Hal tersebut mendorong maanajemen untuk melakukan tindakan menejemen laba yaitu dengan melakukan perataan laba. Perataan laba adalah sebuah praktik dengan menggunakan teknik atau cara akuntansi untuk mengurangi ketidak tetapan laba bersih selama beberapa periode waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh SIZE, NPM, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS dan FINANCIAL LEVERAGE terhadap praktik perataan laba (IS) pada badan usaha manufaktur yang terdapat di BEI periode 2017-2018.

 


Keywords


size, npm, likuiditas, profitabilitas, financial leverage, perataan laba.

Full Text:

PDF

References


Yasa, I. N. (2013). Perataan Laba serta faktor-faktor yang mempengaruhinya terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 28.

Adi Utomo, W. P. (2018). Analisis pengaruh ukuran perusahaan,proftabilitas ,financial leverage,struktur menejerial dan net profit margin terhadap perataa laba (income smoothing)(studi kasus pada peusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). 48.

Bestivano, W. (2013). Pengaruh perusahaan,umur perusahaan,profitabilitas,dan leverage terhadap perataan laba pada perusahaan yang tedaftar di BEI. 25.

Diastiti Okkarisma Dewi, T. H. (2010). Pengaruh jenis usaha,ukuran perusahaan,dan financial leverage terhadap tindakan perataan laba yang terdaftar di BEI . 28.

Eko Budi Santoso, S. N. (2012). Pengaruhprofitabilitas,financialleverage,dividen,ukuranperusahaan,kepemilikan institusional dan Kelompok usaha terhadap perataan laba studi kasus pada perusahaan non-financial yang tedaftar di BEI. 48.

Harris Prasetya, S. N. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan ,profitabilitas,financial leverage,klasifikasi KAP dan likuiditas terhadap praktik perataan laba. 25.

Kris Brantas Abiprayu, I. R. (2011). Pengaruhprofitabilitas,ukuran perusahaan,dan financial leverage,kualitas audit dan dividend payout ratio terhadap perataan laba yang terdaftar di BEI tahun 2006-2009. 50.

Sari, L. R. (2014). Pengaruh ukuran perusahaan dan struktur kepemilikan terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 50.

Sindi Retno Noviana, E. N. (2012). Analisis fakor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba (studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2006-2010. 25.

Susanto, H. d. (2008). Pengaruh struktur kepemilikan publik ,praktik pengelolaan perusahaan,jenisindustri,ukuran perusahan,profitabilitas dan tindakan peratan laba yang terdaftar di BEI. 45.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melin Dwi Pertiwi, Nurfaizah Nurfaizah, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0