Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle Dan Dividend Payout Terhadap Cash Holding (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Nanda Setyaningrum, Erma Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth opportunity, net working capital, cash conversion cycle, dan dividend payout terhadap cash holding perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar si Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan yaitu periode 2015-2018. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 19 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa net working capital dan cash conversion cycle berpengaruh terhadap cash holding, sedangkan growth opportunity dan dividend payout tidak berpengaruh terhadap cash holding.

 


Keywords


Cash Holding, Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle, Dividend Payout

Full Text:

PDF

References


Al-Najjar, B. Dan Belghitar, Y. (2011). Corporate Cash Holdings and Dividend Payments: Evidance From Simultaneous Analysis. Managerial and Decision Economic.

Al-Najjar, B. Dan Belghitar, Y. (2013). The Financial Determinants of Corporate Cash Holdings: Evidance from some Emerging Markets. International Business Review. Vol 22 (1).

Bates, T. et al. (2009). Why do U.S Firms Hold so much more Cash than they used to?. Journal of Finance. LXIV (5).

Bigelli, M., Vidal, J.S. (2009). Cash Holdings in Private Firms. Journal of Banking & Finance Vol 36, 26-35.

Brigham, E. F dan Houston, J.F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Diterjemahkan oleh: Ali Akbar Yulianto, Buku 2, Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Christina, Yessica, dan Ekawati, Erni. (2013). Excess Cash Holdings dan Kepemilikan Institusional pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta-Indonesia.

Ferreira, Miguel A. Dan Antonio S. Vilela. (2004). Why Do Firms Hold Cash? Evidance from EMU Countries. European Financial Management. Vol. 10 (2).

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro.

Gill, Amarjit, Chairul Shah. (2012). Determinants of Corporate Cash Holdings: Evidance from Canada. International Journal of Economic and Finance. Vol. 4 (1).

Gumanti, Ary Tatang. (2013). Kebijakan Dividen Teori, Empiris dan Implikasi. Edisi 1. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Hapsari, Ajeng Andriani. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pemegangan Kas di Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia. Vol. 3 (1).

Harwanto. Feri Osa. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cash Holding Pada Perusahaan Yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2014. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Humendru, Anugerah. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Cash Holding (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015), Vol. 4 No. 1, Maret 2018.

Husnan, Suad. (1998). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Buku 2 Edisi 4. Yogyakarta : BTFE.

Jamil, Sulaman. (2016). Determinants of Corporate Cash Holdings: Empirical Analysis of Pakistani Firms. IOSR Journal of Economics and Finance, Volume 7 (3). May.-Jun. 2016. Faculty of Management and Administration sciences (FMAS). University of Gujrat. Pakistan.

Jinkar, Rebecca Theresia. (2013). Analisa Faktor-faktor Penentu Kebijakan Cash Holding Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.

Maarif, Sjamsul. (2019). Pengaruh Interest Income Growth , Net Working Capital, dan Capital Expenditure terhadap Cash Holding dengan Aktivitas Dewan Komisaris sebagai Variabel Moderas. Jurnal Madani, Vol. 2, No. 1, Maret 2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pancasila.

Marfuah, dan Ardan Zulhilmi. (2014). Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cyrcle, dan Leverage terhadap Cash Holding Perusahaan. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Najema. (2019). Analisis Pengaruh Current Asset, Capital Expenditure, Cash Conversion Cycle, Cash Flow, Leverage, Market To Book Value Dan Net Working Capital Terhadap Cash Holdings Pada Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1, Maret 2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Opler, Tim, Lee Pinkowitz, Rene Stulz, Rohan Williamson. (1999). The Determinants and Implications of Corporate Cash Holdings. Journal of Financial Economic, Vol.52 No.1.

Prasentianto, Hanafi. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Cash Holding.

Putrato, Wahyu Edi. (2017). Analisis Determinan Tingkat Cash Holding Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, Zahrotul Auliya. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Cash Holding pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. Buku 7 Edisi 4. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Safitri, Puput. (2016). Pengaruh Net Working Capital, Board Size, Growth Opportunity, Net Working Capital dan Cash Conversion Cycle terhadap Cash Holdings Perusahaan Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014.

Saputri, Erdian. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Firm Size, dan Growth Opportunity terhadap Cash Holding Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2017). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry, Vol. 2, No. 2, (2019). Program Studi Manajemen FEIS. Universitas Bakrie. Jakarta.

Senjaya, Sheryl Yuliana. (2015). Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Cash Conversion Cyrcle, dan Corporate Governance Terhadap Cash Holding. Tesis. Universitas Udayana.

Simanjuntak, Saul Fernando. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cash Holding Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 19, No. 1a. November 2017. STIE Trisakti.

Subramanyam et al, (2011). Firm Structure and Corporate Cash Holdings. Journal of corporate finance. Vol 17.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Bambang. (2018). Likuiditas Saham dan Cash Holding di Indonesia. Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 11 (1).

Syafrizaliadhi, Adhitya Dasha. (2014). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Cash Holding pada Perusahaan Besar dan Perusahaan Kecil. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Syarief, Moch. Ednan, dan Wilujeng, Ita Prihatining. (2009). Cash Conversion Cycle dan Hubungannya dengan Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Manajemen Modal Kerja. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Tahun 14 Nomor 1 Maret 2009.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wenny, Shara Mustika. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cash Holdings pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 (Pengujian Teori Trade-Off). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Wijaya, Anggita Langgeng, Bandi, dan Sri Hartoko. (2010). Pengaruh Kualitas Akrual dan Leverage Terhadap Cash Holding Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 7- No 2, Desember 2010.

William, dan Syarief Fauzi. (2013). Analisis Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, dan Cash Conversion Cyrcle terhadap Cash Holdings Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 2.

Wulandari, Endah Ayu. (2019). Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle dan Dividend Payout terhadap Cash Holding (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, Vol. 1, No. 3, Agustus 2019. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanda Setyaningrum, Erma Setiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0