Pengaruh Leverage, Likuiditas, Debt Covenant, Political Cost Dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi (Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2018)

Muhamad Hambali, Dirvi Surya Arya Abbas, Arry Eksandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage, Likuiditas, Debt Covenant, Political Cost, dan Profitabilitas terhadap Konservatisme Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2018. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dan diperoleh 30 perusahaan yang di jadikan populasi didaptkan sampel yang diuji adalah 15 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dengan program EViews 9.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Debt Covenant mempengaruhi Konservatisme Akuntansi, Leverage, Likuiditas, Political Cost, Profitabilitas tidak mempengaruhi Konservatisme Akuntansi.

 


Keywords


Konservatisme Akuntansi, Leverage, Likuiditas, Debt Covenant, Political Cost, dan Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Nathania Pramudita (2012). Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan dan Tingkat Hutang Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnak Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Fakultas Bisnis UNIKA Widya Mandala

I Gst. B Ngr. P. Putra*, A.A. Pt. Ag. Mirah Purnama Sari dan Gde Deny Larasdiputra (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Pada Konservatisme Akuntansi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi) Volume 18, Nomor 1, Maret 2019; pp. 41–51.

Ardo Septian, Yane Devi Anna (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Debt Covenant, Dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.

Ni Wayan Noviantari & Ni Made Dwi Ratnadi (2015). Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Pada Konservatisme Akuntansi E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 11.3 (2015): 646-660.

Rasyadhiar Rachman, Tumpal Manik, Inge Lengga Sari Munthe (2016). Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji Jalan Politeknik Senggarang, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhamad Hambali, Dirvi Surya Arya Abbas, Arry Eksandy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0