Pengaruh Audit Lag, Audit Tenure, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2019)

Lailatul Rodiyahsari, Suyatmin Waskito Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh audit lag, audit tenure, likuiditas, dan solvabilitas terhadap penerimaan opini audit going concern. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan auditan yang diterbitkan oleh perusahaan manufaktur di sektor industri dan kimia  yang terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia dari 2017-2019. Sampel penelitian berjumlah 25 perusahaan dipilih dengan metode purposive sampling, dengan periode observasi 3 tahun. Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis adalah SPSS 25. Metode analisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit lag, dan audit tenure tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan liabilitas dan solvabilitas memiliki pengaruh terhadap opini audit going concern.


Keywords


Audit lag, audit tenure, likuiditas, solvabilitas, opini audit going concern

Full Text:

PDF

References


Ashton, R., Wilingham, J., & Elliot, R. 1987. An Empirical Analysis of Audit Delay. Journal of Accounting Research, Vol. 25, No. 2, 275-292

Felix Irwanto & Hendang Tanusdjaja. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Opini Audit Terkait Going Concern. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Januarti, Indira. 2009. Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Auditor, Kepemilikan Perusahaan terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XII (6): 1-26.

Januarti, Indira, dan Ella Fitrianasari. (2008). Analisis rasio keuangan dan rasio non keuangan yang mempengaruhi auditor dalam memberikan opini going concern pada auditee (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ tahun 2000-2005). Jurnal Maksi, UNDIP Vol. 8 No. 1: 43-58.

Januarti, I., 2008. “Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Auditor, Kepemillikan Perusahaan terhadap Penerimaan Opini Going Concern.” Paper disajikan pada Simposium Nasional Akuntansi XII.

Lana Suryani. 2014. Praktik Manajemen Laba, Pertumbuhan Perusahaan, Price Earning Ratio, Audit Report Lag Terkait Penerimaan Opini Audit Going Concern. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia

M. Nur Fahmi. 2015. Pengaruh Audit Tenure, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Dan Disclosure Terhadap Opini Audit Going Concern. PT Permodalan BMT Ventura.

M. Rossa Arsianto, and S. Nur Rahardjo, 2013. Faktor-Faktor Yang 2-579. Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern, Diponegoro Journal of Accounting, vol. 0, pp. 57

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Windyantari, A.A.Ayu Putri. 2011. Opini Audit Going Concern dan Faktor- Faktor yang Memengaruhi: Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tesis Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana. Denpasar.

Yudha wijayanto. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern. Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Universitas Sriwijaya Fakultas Ekonomi. Palembang.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lailatul Rodiyahsari, Suyatmin Waskito Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0