Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan

Tsalatsiyah Putri Humairah, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan jasa sub sektor infrastruktur, utilitas, transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 4 tahun yaitu periode 2017–2019. Populasi penelitian ini termasuk perusahaan jasa sub sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017–2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 13 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas dalam penelitian ini, tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan nilai perusahaan, dan leverage dalam penelitian ini, tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan nilai perusahaan


Keywords


ROA, CR, DER, dan Tobin’sQ

Full Text:

PDF

References


Antoro, Ananto. Dwi., & Hermuningsih, Sri. (2018). Kebijakan Dividen Dan BI Rate Sebagai Penoderasi Likuiditas, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2017. Dalam UPAJIWA DEWANTARA (Vol. VOL. 2). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Cahyati, Nur., & Widyawati, Nurul. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Jasa Transportasi. Dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. Volume 7). Surabaya, Indonesia: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Kurniasari, Mitta. Putri., & Wahyuati, Aniek. (2017). Pengaruh Profitabilitas Rasio Aktivitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI. Dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. Volume 6). Surabaya, Indonesia: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Lubis, Iganatius. Lubis., Sinaga, Bonar. M., & Sasongko, Hendro. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Dalam Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (Vol. Vol. 3). Bogor, Indonesia: Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor.

S.E., M.Akt, Arry. Eksandy. (2018). Metode Penelitian Akuntansi Dan Manajemen. Dalam M. Z. Hakim (Penyunt.). Tangerang, Banten, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Suwardika, I. Nyoman., & Mustanda, I. Ketut. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. Dalam E-Jurnal Manajemen Unud (Vol. Vol. 6, No. 3, 2017: 1248-1277). Bali, Indonesia: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Winarno, Wing. Wahyu. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistik dengan EViews. Yogyakarta, Indonesia: UPP STIM YKPN.

www.statistikkian.com




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tsalatsiyah Putri Humairah, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0