Kualitas Laba Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia: Beserta Faktor-Faktornya

Puput Novel, Imam Hidayat, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Dalam penelitian ini dibuat berdasarkan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya Struktur modal, ukuran perusahaan, komite audit , kepemilikan manajerial dan Good Corporate Governance terhadap kualitas laba. Dalam penelitian ini memiliki suatu variabel dependen yaitu Kualitas laba (Y). perkumpulan data dalam penelitian ini meliputi sub sektor perusahaan Industri dasar dan kimia yang terdaftar didalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada priode 2015-2018 yang memiliki data perusahaan berjumlah 68 data, dengan menggunkan metode penggambilan data purposive sampling dan memiliki 17 data perusahaan yang memenuhi kriteria penggambilan data sampel, dalam penelitian ini menggunakan suatu analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9, dalam penelitian ini menghasilkan suatu variabel yang berpengaruh terhadap kualitas laba yaitu variabel ukuran perusahaan dan Good Corporate Governance dalam variabel tersebut memiliki suatu arah negative terhadap kualitas laba dan variabel lainnya tidak memeiliki pengaruh terhdap kualitas laba seperti  ( struktur modal, komite audit dan kepemilikan manajerial).

Keywords


Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, dan Good Corporate Governance

Full Text:

PDF

References


Abbas, D., Hakim, M. Z., & Istianah, N. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Makanan dan MinumanYang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/c.v3i2

Heriyanto, A. E. D. F. (2017). Metode Penelitian Akuntansi dan keuangan (Dilengkapi Analisis Regresi Data Panel Dan Regresi Logistik Data Panel Mnggunakan Program Eviews).

Septiyani, G., Rasyid, E., & Tobing, E. G. (2017). - Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Management, 2, No.1(1), 70–79.

Udayana, (2014). pengaruh struktur modal likuiditas pertumbuhan laba dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. ENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA, 100-115.

Rizki Novianti. 2012. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Kualitas Akrual dan Investment Opportunty Set Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Rizky Indra Pradita. 2009. Pengaruh Alokasi Pajak Antar Periode, Persistensilaba Akuntansi, Pertumbuhan Laba Akuntansi Struktur Modal, Besaran Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di BEI. Skripsi Mahasiswa

Boediono, Gideon, 2005 . Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VIII Solo

Yuli, WS. Kurniati. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Reyhan, Arief, et al. 2014 . Pengaruh Komite Audit, Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba Dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2010). Jom Fekon Vol. 1 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Puput Novel, Imam Hidayat, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0