Pengaruh Besaran Akrual, Ukuran Perushaan, Volatilitas Arus Kas, Dan Volatilitas Penjualanterhadap Presistensi Laba (Studi Empiris Perusahaan Sektor Property, Real Estate and Building Contruction di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Dyta Febriantine Pratikto, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan bukti empiris mengenai pengaruh volatilitas arus kas, volatilitas penjualan, besaran akrual dan ukuran perusahaan pada perusahaan sektor Property, Real Estate and Building Contruction terhadap persistensi laba. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2019. Total sampel adalah 39 perusahaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan program EViews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Volatilitas Arus Kas mempengaruhi Persistensi Laba sedangkan Volatilitas Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Besaran Akrual tidak mempengaruhi Persistensi Laba.

Keywords


Persistensi Laba, Besaran Akrual, Ukuran Perusahaan, Volatilitas Arus Kas, Volatilitas Penjualan

Full Text:

PDF

References


Amaliyah.K,. dan Suwarti, T. (2017). Faktor-Faktor Penentu Persistensi Laba. Faktor Faktor Penentu PersistenLaba, 53(9), Nuraeni, R., Mulyati, S., & Putri, T. E. (2018

Astutiningtyas, P. D., & Wuryani, E. (2019). Pengaruh Volatilitas Arus Kas dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Akuntansi Unesa, 7(3).

Gusnita, Y., & Taqwa, S. (2019). Pengaruh Keandalan Akrual, Tingkat Utang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Persistensi Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017).

Hidayat.I., & Fauziyah,S. (2019).Pengaruh Book Tax Differences, Arus Kas Operasi, Tingkat Hutang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Persistensi Laba. Journal Of Chemical Information And Modeling

Linawati. (2015). PENGARUH TINGKAT HUTANG, ARUS KAS DAN AKRUAL TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING. 2005.

Rahmadhani, A. (2016). Pengaruh Book-tax Differences, Volatilitas Arus Kas, Volatilitas Penjualan, Besaran Akrual, dan Tingkat Utang terhadap Persistensi Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Aneka Industri yang Terdaftar di Bei Tahun 2010-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau

Shenjaya, S. (2015). Pengaruh Kinerja Corporate Social Responsibility Terhadap Persistensi Laba Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Sektor Barang Konsumsi Dengan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014.

Susilo, T. P., & Anggraeni, B. M. (2015). Analisis Pengaruh Volatilitas Arus Kas, Tingkat Utang, Siklus Operasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Universitas Bakrie.

https://www.idx.co.id/

https://adhi.co.id/#0

https://www.ciputradevelopment.com/en/

https://www.dpn.co.id/




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dyta Febriantine Pratikto, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0