Efikasi Diri Dan Sikap Pada Intensi Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Ridwan Baraba

Abstract


Kondisi perekonomian yang kian tidak menentu berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan baik sector formal ataupun informal semakin berkurang disisi lain angkatan kerja semakin pesat pula pertumbuhannya hal ini menuntut dibukanya lebih luas lagi lapangan pekerjaan yang ada secara mandiri dalam bentuk kegiatan wirausaha. Generasi muda diantaranya mahasiswa memiliki beban untuk merencanakan berwirausaha sejak dini. Minat berwirausaha harus ditumbuh kembangkan sejak dini agar kedepan lebih siap membuka suatu usaha baru. Banyak hal yang bisa menjadi pengaruh menumbuhkan minat berwirausaha pada diri mahasiswa diantaranya sikap dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh efikasi diri dan sikap terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V tahun akademik 2020/2021 yang telah menempuh matakuliah Entrepreneurship and Business Planning sebanyak 169 orang, jumlah sampel yang diambil yaitu 120 responden berdasarkan rumus slovin.. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25.0. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan Efikasi diri secara parsial berpengaruh positif terhadap intensitas berwirausaha meskipun tidak signifikan begitu juga Sikap secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Berwirausaha.

Keywords


Efikasi Diri, Sikap, Intensi Berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I., (2008). Attitudes and Attitude Change. Psychology Press: WD Cranoeds

Bandura, A., (1977). Social Learning Theory, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Dharmmesta, B.S. (1998), Teory Of Planned Behavior Dalam Penelitian Sikap, Niat dan Perilaku Konsumen, Jurnal Kelola. No. 18/VII/1998.

Gaddam, Soumya., (2008). Identifying the Relayionship Between Behavioral Motives and Entrepreneurial Intentions: An Empirical Study Based Participations of Business Management Students. The Icfaian Journal of Management Research. Vol.7,pp. 35-5.

Gurbuz, G. & Aykol, S. (2008), Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.

Katz, J., dan W. Gartner, (1988). Properties of emerging organizations. Journal of Academy of Management Review. Vol. 13 (3) pp. 429-441.

Kourilsky, M. L. dan W. B. Walstad, (1998). Entrepreneurship and female youth: knowledge, attitude, gender differences, and educational practices. Journal of Business Venturing. Vol. 13 (1) pp. 77-88.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Manda Andika dan Iskandarsyah Madjid. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswafakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Studi Pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas Syiah Kuala). Eco-Entrepreneurship Seminar & Call for Paper "Improving Performance by Improving Environment" 2012 Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Pormes, Ludwina dan Sipakoly, Selly. (2019). Pengaruh Sikap dan Motivasi terhadap Niat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ambon). JURNAL MANEKSI VOL 8, NO. 2, Desember 2019 204 p-ISSN: 2302-9560 /e-ISSN: 2597-4599.

Priyanto, (2008), Farmakoterapi Dasar untuk Mahasiswa Keperawatan dan Farmasi, Leskonfi, Jakarta.

Ramayah, T., & Harun, Z., (2005). Entrepreneurial Intention Among the Studen of Universiti Sains Malaysia (USM). International Journalof Management and Entrepreneurship, Vol. 1 pp. 8-20.

Santoso. (1993).. Lingkungan Tempat Tinggal dalam Menentukan Minat Berwiraswasta FKIP UNS. (Laporan Penelitian). Surakarta: UNS.

Sugiyono (2007). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Ban-dung: Alfabeta.

Sumarsono, (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi intense wirausaha. Jurnal Ekuilibrium Vol.11 No.2.

Sumadi,Agus dan Sulistyawati, Eka. (2017). Pengaruh sikap, motivasi dan lingkungan terhadap niat berusaha. E-jurnal manajemen Unud, Vol 6 No 2

Wijaya, Tony, (2008). Kajian Model Empiris Berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Yanto. (1996). Peluang Kerja dan Minat Berwiraswasta di Kalangan Siswa Sekolah Teknologi Menengah Negeri Pembangunan Pekalongan (Laporan Penelitian). Semarang: IKIP Semarang.

BPS. (2019). Statistik Indonesia. Tersedia di www.bps.co.id. Diakses pada 11 Januari 2021.

BPS. (2020). Statistik Indonesia. Tersedia di www.bps.co.id. Diakses pada 11 Januari 2021.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ridwan Baraba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0