Pengaruh E-Wom Facebook Dan Brand Trust Terhadap Pembentukan Brand Attachment Produk Online Di Kota Bima

Ismunandar Ismunandar, Sri Ernawati

Abstract


Perkembangan teknologi internet menjadikan penyebaran dari mulut ke mulut tidak hanya sebatas komunikasi tatap muka saja, tetapi sudah menjadi word of mouth secara elektronik. EWOM memperkenalkan tempat yang sangat mudah bagi konsumen untuk memberikan pendapatnya. Salah satu bentuk pemasaran E-WOM adalah media sosial seperti Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ewom dan kepercayaan merek terhadap keterikatan merek produk online di Kota Bima. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen pengguna facebook di Kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Kota Bima yang memiliki Facebook dan pernah melakukan pembelian online di Facebook yang jumlahnya tidak dapat diukur dengan pasti (populasi tidak diketahui). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang masing-masing telah teruji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20 menunjukkan bahwa ewom tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan merek produk online di Kota Bima, dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan merek produk online di Kota Bima.

Keywords


Ewom, Kepercayaan Merek, Keterikatan Merek.

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia.

Chinomona, R., & Maziriri, E.T. (2017). The influence of brand awareness, brand association and product quality on brand loyalty and repurchase intention: a case of male consumers for cosmetic brands in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR). Vol. 12 Issue 1

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Griffin, Jill, (2002), Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta.

Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Hermawan Kertajaya. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jalilvand, R. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention. Marketing Intelegence and Planning , 460-476.

Jansen, B. J., Zhang, M., Sobel, K. & Chowdury, A. (2009). Twitter Power: Tweets as Electronical Word of Mouth. Journal of The American Society for Information Science and Technology, 60 (11), pp. 2169-2188

Kapferer, Jean-Noel. (2008). New Strategic Brand Management: Creating And Sustaining Brand Equity Long Term 4th Edition. London and Philadelphia: Kogan Page Limited.

Klimchuck, Marianne R., & Krasovec, Sandra A. 2012. Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf, Second edition. New Jersey: Wiley

Louis, D. and Lombart, C. 2010. “Impact of Brand Personality on Three Major Relational Consequnces (Trust, Attachment, and Commitment to the Brand)”, Journal of Product & Brand Management, Vol. 19 No. 2, pp. 114-130

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Andi, Yogyakarta.

Schmitt, Bernd H & Rogers, David L. (2008). Handbook on Brand and Experience Management. United Kingdom: Edward Elgar Publishing Limited

Sorayaei, A. dan Hasanzadeh. 2012. Impact Of Brand Personality On Three MajorRelational Consequences (Trust, Attachment, And Commitment To The Brand): Case Study Of Nestle Nutrition Company In Tehran, Iran MScStudents of Business Management, Islamic Azad University, Babol, Iran. AustralianJournal of Basic and Applied Sciences. 6(5), p.79–87

Smaoui, F. dan Azza Temessek Behi. 2011. Brand Engagement vs Brand Attachment : Which Boundaries?. Journal of Micro and Macro Marketing. p.255-272.

Ramadhani, Z.K, Pujiastuty, E.E, dan Utomo, H.J.N. 2019. “Pengaruh Brand Experience Dan Brand Trust Terhadap Brand Attachment Serta Brand Loyalty”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17 No. 1, pp. 47-57




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ismunandar Ismunandar, Sri Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0