Strategi Pengembangan Industri Wisata Era New Normal

Endra Yuafanedi Arifianto, Susenohaji Susenohaji, Dian Dinanti, Dea Damaris

Abstract


Aktivitas bisnis industri wisata Cafe Sawah Pujon Kidul mengalami penurunan pendapatan dengan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dilakukan pemerintah daerah Kota Batu. Perkembangan industri wisata di Kota Batu sangat mendukung peningkatan pendapatan desa. Khususnya industri wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Industri wisata mampu memberikan pertumbuhan ekonomi mikro masyarakat sekitar secara signifikan. Adanya pandemi covid 19 menjadi hambatan perkembangan usaha industri wisata. Untuk itu, penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi strategi pengembangan industri wisata di era new normal. Era kebiasaan dan tingkah laku masyarakat dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari. Pengumpulan data dengan cara wawancara, diskusi, brainstorming dan pengisian kuisioner kepada responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis Internal Faktor Evaluation (IFE), External Faktor Evaluation (EFE) dan Bisnis Model Canvas dalam menyusun strategi pengembangan industri yang tepat di era new normal. Hasil Matrik Internal-Eksternal memiliki skor nilai 3,0 ; 2,8 artinya berada di sel IV atau menggunakan strategi yang tumbuh dan membangun. Strategi tumbuh dan membangun dengan pendekatan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Sedangkan BMC memberikan rekomendasi perbaikan sembilan elemen sesuai dengan kondisi di lapangan saat ini.

Keywords


Strategi, Industri Wisata, BMC, IFE, EFE

Full Text:

PDF

References


Anonim. Undang Undang tentang Kepariwisataan, UU No. 10 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Hukum dan HAM

Arifianto. E.Y., Choiri M. 2018. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pebelajaran Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (1), 77-85.

Arifianto. E. Y., Prayogo, Setyowati, Nurul. 2019. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Konsep Manajemen Eduwisata Mikrohidro Dalam Mewujudkan Desa Mandiri. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Balitbang Tahun 2019 “Percepatan Pengembangan Desa Mandiri”.

David, Fred R. (2010). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : PT. Prenhallindo

David, Fred R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat

Hernadi, Matyani dan Patmawati. 2018. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan). Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi Vol.01 No 01, Desember 2018.

Jhingan. M.L. 2014. Ekonomi Pembangunan Dan Perencanaan. Jakarta: Rajawali Pres.

Kuncoro, Mudrajad. 2018. Perencanaan Pembangunan Daerah Teori dan Aplikasi. Jakarta: Graha Media Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endra Yuafanedi Arifianto, Susenohaji Susenohaji, Dian Dinanti, Dea Damaris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0