Pengaruh Brand Experience Dan Keterlibatan Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepercayaan Dan Komitmen Merek Pada E-Commerce Sociolla

Antonia Dewanti Adiningtyas Pramushinta, Sheellyana Junaedi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Experience dan Keterlibatan Merek terhadap Loyalitas Merek dengan Kepercayaan Merek dan Komitmen Merek sebagai variabel pemediasi pada objek beauty e-commerce Sociolla. Pada penelitian ini disebarkan kuesioner secara online untuk jumlah sampel 331 responden dengan kriteria wanita yang pernah melakukan pembelian melalui aplikasi beauty e-commerce SOCO by Sociolla minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir. Penelitian ini bersifat tidak acak yaitu purposive sampling. Pembagian kuesioner dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Forms. Lalu, link kuesioner disebarkan secara online melalui berbagai media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram, LinkedIn dan Twitter. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS).Pada hasil pertama penelitian ini diketahui bahwa Brand Experience dan Keterlibatan Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepercayaan Merek. Hasil kedua penelitian ini diketahui bahwa Kepercayaan Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Komitmen Merek. Hasil ketiga penelitian ini diketahui bahwa Komitmen Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Merek.          Hasil keempat penelitian ini diketahui bahwa Kepercayaan Merek memediasi pengaruh Brand Experience dan Keterlibatan Merek terhadap Komitmen Merek            menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hasil kelima penelitian ini diketahui bahwa Komitmen Merek memediasi pengaruh             Keterlibatan Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek menunjukkan pengaruh yang signifikan, namun Komitmen Merek tidak memediasi pengaruh Brand Experience terhadap Loyalitas Merek yang menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan. 

Keywords


Brand Experience, Keterlibatan Merek, Loyalitas Merek, Kepercayaan Merek, dan Komitmen Merek

Full Text:

PDF

References


Adiba, F., dan Syahideni, M. Y. (2018). The Influence of Brand Trust and Brand Commitment to Brand Loyalty at Consumer Society of AQUA Products in Dadaprejo - Junrejo - Batu City - Indonesia. European Journal of Business and Management, 10(11): 185-194.

Alkhawaldeh, A. M., Al-Salaymeh, M., Alshare, F., dan Eneizan, B. M. (2017). The Effect of Brand Awareness on Brand Loyalty: Mediating Role of Brand Commitment. European Journal of Business and Management, 9(36): 38-47.

Andriani, D. (11 Oktober 2019). Penjualan Produk Kecantikan Melalui Online Terus Melesat. URL https://ekonomi.bisnis.com/read/20191011/12/1158058/penjualan-produk-kecantikan-melalui-online-terus-melesat:

Bilgihan, A., Kandampully, J., dan Zhang, T. C. (2016). Towards a Unified Customer Experience in Online Shopping Environments. International Journal of Quality and Service Sciences, 8(1):102-119.

CNNIndonesia. (6 Februari 2020). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. URL https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020:

Fikri, I., Yasri, Y., dan Abror, A. (2018). The Impact of Brand Experience and Brand Trust on Brand Engagement: The Mediating Effect of Brand Satisfaction. Advances in Economics, Business and Management Research, 57: 153-161.

Frimpong, K. O., Donkor, G., dan Frimpong, N. O. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1): 103-121.

Ghozali, I., dan Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hidayanti, I., Nuryakin, dan Farida, N. (2018). A Study on Brand Commitment and Brand Trust towards Brand Loyalty of Branded Laptop in Indonesia. Journal of Business and Retail Management Research, 12(3): 270-278.

Hollebeek, L., dan Macky, K. (2019). Digital Content Marketing's Role in Fostering Consumer Engagement, Trust, and Value: Framework, Fundamental Propositions, and Implications. Journal of Interactive Marketing, 45: 27-41.

Huang, C. C. (2017). The Impacts of Brand Experiences on Brand Loyalty: Mediators of Brand Love and Trust. Management Decision , 55(5): 915-934 .

Hussein, A. S. (2018). Revisiting the Importance of Casual Dining Experience Quality: an Empirical Study. International Journal of Quality and Service Sciences, 10(3): 233-252.

Keiningham, T., Ball, dan Dzenkovska, J.(2017). The Interplay of Customer Experience and Commitment. Journal of Services Marketing, 31(2): 148-160.

Khan, I., Hollebeek, L. D., Islam, M. F., dan Rahman, Z. (2019). Brand Engagement and Experience in Online Services. Journal of Services Marketing, 163-175.

Leckie, C., M., N., L., J. (2016). Antecedents of Consumer Brand Engagement and Brand Loyalty. Journal of Marketing Management, 32(5): 558-578.

Ramaseshan, B. (2014). Connecting the Dots between Brand Experience and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Personality and Brand Relationships. Journal of Brand Management, 21(7/8): 664–683.

Ramirez, R. H., dan Merunka, D. (2019). Brand Experience Effects on Brand Attachment: The Role of Brand Trust, Age, and Income. European Business Review, 31(5): 610-645.

Rather, R. A., Tehseen, S., dan Parrey, S. H. (2018). Promoting Customer Brand Engagement and Brand Loyalty through Customer Brand Identification and Value Congruity. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(3): 321-339.

Yusra, Y. (13 Oktober 2015). Memperkenalkan fitur baru "Pick Your Free Sample" untuk seluruh pelanggan. URL https://dailysocial.id/post/sociolla-online-shopping-platform




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Antonia Dewanti Adiningtyas Pramushinta, Sheellyana Junaedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0