Perancangan Pemasaran Industri Kreatif Sub-Sektor Kuliner Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Endra Yuafanedi Arifianto, Oke Oktavianty, Ishardita Pambudi Tama, Sari Fitri Safira, Lailatul Fajriyati

Abstract


Persaingan ketat di industri kreatif sub-sektor kuliner saat ini menjadi fokus utama pemerintah. Dibentuknya klasterisasi bertujuan untuk memberikan sinergi antar pelaku usaha dan mengembangkan industri kreatif. Kota Malang mengalami pertumbuhan yang signifikan pada industri kreatif subsektor kuliner dalam dua tahun terakhir. Dimana 20.000 pendatang berupa mahasiswa baru per tahunnya dapat menjadi target pasar yang tepat bagi pelaku usaha industri kreatif sub-sektor kuliner. Selain itu dukungan alokasi dana desa menjadikan Malang menjadi lokasi yang strategis untuk membuka transaksi jual beli atau sewa guna usaha industri kreatif pada sub-sektor kuliner. Dalam penelitian ini ditentukan faktor bauran pemasaran yakni harga, produk, tempat, promosi, bukti fisik, SDM, dan tempat pada industri kreatif sub-sektor kuliner yang paling dominan guna mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli dan menjadi konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis bauran pemasaran dengan Smart PLS yang berguna untuk menghitung dan menentukan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam membeli produk dan menjadi pelanggan. Hasil yang didapat dari analisis menggunakan perangkat lunak Smart PLS yakni diperoleh faktor paling dominan berupa aspek proses dengan nilai koefisien 0,538. Kemudian diikuti dengan aspek tempat dengan nilai koefisien sebesar 0,415.

Keywords


Industri Kreatif, Bauran Pemasaran, Smart PLS.

Full Text:

PDF

References


Adikusumo. (1986). Pendidikan Kemasyarakatan. Yogyakarta: Pustaka.

Adi, M Kwartono. (2007). Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Andi Offset

David, Fred R. (2010). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : PT. Prenhallindo

David, Fred R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta:Erlangga.

Lantu, Donald Crestofel dkk. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia : Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 2016, 77-93

Purnomo (2019). Analisis Strategi Dan Pengembangan Produk Unggulan Pada Industri Kecil Menengah Bahan Kaca Di Malang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(2) 2019, 134 – 139

Rudjito. (2003). Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah Yang Di

Sampaikan Pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI. Jurnal Ekonomi Rakyat

Yoeti, Oka A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endra Yuafanedi Arifianto, Oke Oktavianty, Ishardita Pambudi Tama, Sari Fitri Safira, Lailatul Fajriyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0