Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek: Kesadaran Merek Dan Citra Merek Sebagai Mediasi

Berta Margareta Agustin Wijaya, Sheellyana Junaedi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek, dengan kesadaran merek dan citra merek sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan objek penelitian merek dalam negeri yaitu Scarlett pada media sosial Instagram. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 238 responden dengan kriteria pernah membeli produk merek Scarlett minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir, usia minimal 17 tahun, dan mengikuti akun Instagram Scarlett. Penelitian ini bersifat tidak acak yaitu purposive sampling. Pembagian kuesioner dilakukan dengan  cara online, yaitu kuesioner dibuat dengan menggunakan aplikasi  Google Forms. Lalu, link kuesioner disebarkan secara online melalui berbagai media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram, Twitter, dan Facebook. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS). Hasil analisis diketahui bahwa kesadaran merek memediasi aktivitas pemasaran media sosial pada faktor hiburan, faktor iklan, dan faktor trendiness terhadap loyalitas merek. Kemudian, citra merek memediasi aktivitas pemasaran media sosial pada faktor interaksi, dan faktor trendiness terhadap loyalitas merek di Instagram. Sedangkan, kesadaran merek tidak memediasi aktivitas pemasaran media sosial pada faktor interaksi, dan kustomisasi terhadap loyalitas merek. Lalu, citra merek tidak memediasi aktivitas pemasaran media sosial pada faktor hiburan, faktor iklan, dan faktor kustomisasi terhadap loyalitas merek di Instagram.

Keywords


Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Almohaimmeed, Bader M. A. (2019). The Effects of Social Media Marketing Antecedents on Social Media Marketing, Brand Loyalty and Purchase Intention: A Customer Perspective. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 13(4): pp. 147-158.

Bilgin, Yusuf. (2018). The Effect Of Social Media Marketing Activities On Brand Awareness, Brand Image And Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal BMIJ, Vol. 6(1): 128-148.

Ceyhan, Ayben. (2019). The Impact of Perception Related Social Media Marketing Applications on Consumers’ Brand Loyalty and Purchase Intention. Emerging Markets Journal, Vol. 9(1): 2158-8708.

Fadli, Rian. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan. JOM Fisip, Vol. 5(2).

Fitri, Dwi., dan Asthari, Nurul. 2018. Fenomena Beauty Advertising Brand Kosmetik pada Minat Beli Konsumen (Studi Pada Tayangan Iklan Kecantikan Brand Kosmetik Wardah di Media Sosial Instagram pada Mahasiswi Universitas Malikussaleh). Jurnal Jurnalisme, Vol. 7 (2)

Ghozali, Imam., dan Latan, Hengky. (2015). Partial Least baderSquare Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd Edition). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, Larissa. (27 Januari 2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. URL https://koran.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/449594/perubahan-gaya-hidup-dorong-industri-kosmetik

Hidajat, Stanly., dan Keni. 2019. Prediksi Social Media Marketingdan Brand Uniqueness Terhadap Brand Loyalty: Brand Consciousness Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. (I)2, 325-334.

Instagram Scarlett. (20 Agustus 2020). Akun instagram resmi Scarlett. URL https://www.instagram.com/scarlett_whitening/?hl=en

Instagram Pixy. (20 Agustus 2020). Akun instagram resmi Pixy. URL https://www.instagram.com/pixycosmetics/?hl=en

Instagram Viva. (20 Agustus 2020). Akun instagram resmi Viva. URL https://www.instagram.com/viva.cosmetics/?hl=en

Instagram Emina. (20 Agustus 2020). Akun instagram resmi Emina. URL https://www.instagram.com/eminacosmetics/?hl=en

Instagram Wardah. (20 Agustus 2020). Akun instagram resmi Wardah. URL https://www.instagram.com/wardahbeauty/?hl=en

Ismail, Ahmed Rageh. (2017). The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty: The mediation effect of brand and value consciousness. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol.29(1), 129–144. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2015-0154.

Munaf, Triawan. (2018). Bangkitnya Label Lokal Retas, Badan Ekonomi Kreatif, Vol.7: 4-7.

Musa, Haslinda., Azmia, Fadhlur Rahim., Rahima, Namirah Ab., Shibghatullaha, Abdul Samad., Othmana, Norfaridatul Akmaliah. (2016). Analyzing the Effectiveness of Social Media Marketing. Future Academy. The European Proceedings of Social and Behavioural Sciences, Ep SBS, eISSN 2357-1330.

Pratnyawan, Agung. (19 Juni 2019). Pengguna Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia. URL https://www.suara.com/tekno/2019/06/19/133252/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia?page=all

Santoso, Amanda P., Baihaqi, Imam., dan Persada, Satria F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, Vol. 6(1), ISSN: 2337-3520

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sehar, Rida., Ashraf, Sarfraz., dan Azam , Faisal. (2019). The Influence of Social Media’s Marketing Efforts on Brand Equity and Consumer Response. The IUP Journal of Marketing Management, Vol. XVIII(2), 31-53.

Zhao, X., Lynch, JR, J. G., and Chen, Q. (2010). Reconsidering Baron and Kenny: Myths and Truths about Mediation Analysis. The Journal of Consumer Research, Vol.3(2)




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Berta Margareta Agustin Wijaya, Sheellyana Junaedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0