Fenomena Bullying Pada Siswa SMK Krian 2

Ririn Dewanti-DSI, Aprifian KN Aprifian KN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa prosentase bullying yang terjadi pada siswa di SMK Krian 2, faktor-faktor yang mempengaruhi siswa melakukan bullying, dan bentuk-bentuk bullying yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kuantitatif, di mana dalam penyajian datanya berupa prosentase, dan tabel yang akan dijelaskan dengan menggunakan kalimat deksriptif. Pengambilan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala bullying. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 279 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat bullying pada SMK Krian 2 mengarah pada tingkat sedang dengan perolehan prosentase sebesar 3%, tinggi dengan prosentase 19% dan sangat tinggi sebesar 77%. Faktor-faktor bullying yang sering muncul pada siswa yang melakukan bullying yaitu terdapat faktor internal berupa usil, benci, marah, harga diri. Sedangkan untuk faktor eksternal yaitu pengaruh teman, senang melihat teman tersakiti, diganggu, keluarga yang tidak harmonis. Untuk bentuk bullying yang sering muncul yaitu perilaku non-verbal tidak langsung dengan perolehan prosentase sebesar 49.46%.

Keywords


siswa; smk; bullying

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER : COMMUNITY PSYCHOLOGY SEBUAH KONSTRIBUSI PSIKOLOGI MENUJU MASYARAKAT BERD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.