IMPEMENTASI PEMBERDAYAAN MITRA PEREMPUAN DALAM PRODUKSI “ SALE PISANG” SERTA PERLINDUNGAN MEREK DAGANGNYA
Abstract
Program pengabdian pada masyarakat ini adalah merupakan implementasi program iptek bagi masyarakat (IbM) Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2017. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini dalam artikel ini adalah memberdayakan usaha mitra yaitu “ UD Barokah J- Kumbu” dan “UD Dua Bola Randos” melalui upaya perlindungan hukum terhadap merek dagang mitra, penguatan produksi sale pisang, serta publikasi dan promosi usaha mitra serta program IbM. Metode yang digunakan berupa pendampingan pendaftran hak atas merek milik mitra pada Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur, memberikan bantuan “ oven pengering sale pisang”, mempublikasikan dan mempromosikan usaha mitra serta kegiatan IbM melalui media cetak dan elektronik. Hasil yang dicapai antara lain yaitu keluarnya bukti pendaftaran merek, dengan adanya bantuan oven pengering sale pisang terjadi peningkatan kapasitas produksi yang berimplikasi pada peningkatan keuntungan hasil penjualan produk mitra perbulannya, waktu produksi yang relatif lebih cepat dan higienies serta mitra lebih dikenal masyarakat
Kata Kunci : Sale Pisang, Merek, Oven, Publikasi, emberdayaanAFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdulkadir Muhammad, 2001, Kajian Hukum Ekonomi Hak Kekayaan Intelektual, PT Citra Aditya Bakti, Bandung.
Agung Sudjatmiko2008,, Aspek Yuridis Lisensi Merek dan Persaingan Usaha, Jurnal Hukum Pro.Justitia, Vol.26
No.2
Chabib Sholeh, 2014, Dialektika Pembangunan dan Pemberdayaan, Fokus Media, Bandung.
Deborah E.Bouchoux,2013, Intellectual Property: The Law of trademark, Copyrights, Patens, and Trade Secrets, Delmar, Cengage Learning.
Dwi Puspitarini, 2013, Pola Relasi Gender dan kehidupan Sosial Ekonomi Dalam Keluarga Buruh Perempuan di Jember, Jurnal Kajian Islam & Gender Volume 6 No 1.
Emy Kholifah, 2011, Kajian Ketimpangan Gender Dalam Peningkatan Kapasitas dan Usaha Mikro Perempuan Di kabupaten Bondowoso, Jurnal Ilmu Sosial, Politico, Vol. XI No.1
H.OK. Sadikin, 2002, Aspek Hukum Intelektual, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Cet 13, Jakarta, Erlangga
Mohammad Hasib, Andreas Adi Sudjatmiko, 2014, Peningkatan Produktivitas Produksi Volume Penjualan Produk Handi Craft UKM Melalui Pembinaan Legalisasi Produk dan Manajemen KualitasProduk, J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Volume 2, Nomor 2, Desember
Prastasius Daritan, , 2004, Hukum Merek dan Persengketaan Merek di Indonesia, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sumodiningrat, 1999, Pemberdayaan Masyarakat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia No
tahun 2001 tentang merek
DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats