PENINGKATAN KEUNTUNGAN PERAJIN TERASI MELALUI ALIH TEKNOLOGI DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

Syamsul Hadi, Arief Alihudin, Nurul Fathiyah Fauzi

Abstract


Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kinerja perajin terasi  di Dusun Payangan Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember agar dapat memenuhi jumlah permintaan pasar yang selama ini mengalami ketidakseimbangan (exesdemand) dengan jumlah produksi yang dihasilkan. Adapun tujuan khususnya adalah melakukan transfer knowledge dan keterampilan bidang teknologi tepat guna (peralatan, dan mesin), manajemen usaha dan pemasaran untuk membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat sekitar mitra melalui kegiatan kerajinan terasi dengan kapasitas produksi lebih dari 40%. Metode pelaksanaan kegiatan yang diterapkan sebagai bentuk solusi adalah berupa rekayasa sosial dan rekayasa teknologi melalui kegiatan yang bersifat partisipatif berbasis pemberdayaan. Pelaksanaan tahapan sosialisasi program IbM ini  sudah dilaksanakan dengan hasil bahwa mitra sudah memahami secara tektual tentang konsep dan rangkaian dari kegiatan ini. Selanjutnya rekayasa sosial sudah dilaksanakan dengan baik, dimana mitra mulai bertambah kapasitasnya dalam mengelola usahanya dengan variasi strategi pemasaran yang dikembangkan. Rekayasa teknologi juga sudah diintervesikan kepada mitra berupa alat penggiling (penghalus) sebanyak satu unit dengan kapasitas 50 kg per jam yang digerakkan oleh motor bensin 3.5 PK Merk Honda Type GP 250, realisasi Freezer merk SanYO -AQUA -AQF 200 W made in Japan untuk kapasitas  200  liter  dengan  menggunakan listrik 150 watt, dan rak penyimpan terasi (Fermentasi III) ukuran 2 m x 0.4 m x 2 m. Rata-rata tingkat keuntungan naik sebesar 39,29%, dan tingkat efisiensi penggunaan biaya produksi turun sebesar 27,23%.

Kata kunci: Rekayasa sosial, Produk Terasi,  dan Teknologi Tepat Guna

References


Afrianto, E dan E. Liviawaty, 2005. Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Kanisius. Yogyakarta.

Anonim, 2015. Terasi Ikan Terbaik Di Indonesia. https://terasiikan.wordpress.com/ pelung-usaha-pembuatan-terasi-ikan. Accessed pada tanggal 20 Mei 2016.

Anonymous, 2014, Laporan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jember. www. Pemkab.Jember.com. Accessed tanggal 28 Nopember 2016.

Hadi, Cahyono dan Hanafi, 2013. Revitalisasi Interpreneurship Terhadap Pelaku Industri Kreatif Mengenai Aspek Manajemen, Kompetensi SDM, Pemasaran dan Proses Produksi Berbasis Kinerja Balance Scorecard di Kabupaten Jember Jawa Timur. Submitted pada Jurnal Agritrop Vol. 14 No 01 Bulan Juni 2016. ISSN: 1693-2897

Rahayu, W.P,. 1988. Teknologi Fermentasi Produk Perikanan. ITB. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats