MENANAMKAN KONSEP BENTUK GEOMETRI (Bangun Datar)
Abstract
Geometri merupakan cabang matematika yang perlu dikaji dan dipelajari secara mendalam, karena geometri digunakan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya geometri bukan sesuatu yang asing bagi kita. Anak-anak sudah mengenal bentuk-bentuk geometri melalui benda-benda sederhana yang berada di lingkungan sekitar. Namun kenyataan dilapangan, anak banyak yang sulit memahami konsep bentuk geometri khususnya bangun datar. Sejalan dengan hal tersebut, perlu adanya upaya untuk menanamkan konsep bentuk geometri. Melalui media pembelajaran dan metode-metode pembelajaran yang tepat, maka konsep geometri akan mudah disampaikan kesiswa. Siswa akan lebih mudah memahami konsep bentuk geometri khususnya bangun datar.
Kata kunci: Bangun Datar, GeometriFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, A.2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Bell, F. H. 1978. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). New York: Wm. C. Brown Company Publishers.
Hudojo, Herman. 1988. Mengaja Belajar Matematika. Jakarta: PPLPTK
Kahfi, M.S. 1996. Geometri Sekolah Dasar dan Pengajarannya: Sutu Pola Berdasarkan Teori Piaget dan Teori Van Hiele. Jurnal Ilmu Pendidikan. No. 4. 262 – 278. Malang: IKIP Malang
Martiningsih. 2008. Peningkatan Prestasi Belajar Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Benda Asli Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Waru Sidoarjo. (http://techonly.wordpress.com.).
Nurhadi, Yasin & Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang
Van de Welle, J. A. 1990. Elementary School Mathematics: Theaching Developmentaly. New York: Longman.
Winataputra, dkk. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats